Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Pengacara ‘Papan Atas’ yang Ditunjuk Jonru adalah Razman Nasution

Razman Nasution ditunjuk Jonru menjadi kuasa hukumnya

Razman Nasution ditunjuk Jonru menjadi kuasa hukumnya. (viva.co.id)

Anekainfounik.net. Setelah dipolisikan pengurus Badan Advokasi dan Hukum (Bahu) NasDem Muannas Al Aidid, Jonru menyebut dirinya tak takut dan akan dibela pengacara ‘papan atas’ yang ada di Indonesia untuk mendampinginya dalam pelaporan terkait ujaran kebencian ini.

Baca juga: Tak Takut Dipolisikan, Jonru Sebut Didukung Pengacara Papan Atas

Dalam surat penunjukan kuasa hukum seperti yang dilaporkan detikcom, Sabtu (2/9/2017), Jonru menunjuk beberapa pengacara untuk mendampinginya. Pengacara ‘papan atas’ itu adalah Razman Arif Nasution yang didampingi oleh Arvid Martdwisaktyo, Soni Pradhana, Elida Netti, Sonni Frajaya, Ardi Nuris, dan Jegesson Situmorang. Surat pemberian kuasa itu ditandatangani langsung oleh Jonru di atas meterai Rp 6.000.

Surat penunjukkan Razman Arif Nasution menjadi pengacara Jonru

Surat penunjukkan Razman Arif Nasution menjadi pengacara Jonru. (Detikcom)

Padahal, sejumlah pihak disebut-sebut akan menjadi pembela Jonru menghadapi kasus hukum ini, seperti yang dikicaukan pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Habiburokhman.

“Benar, saya dan adik-adik saya, Arvid, Soni, juga Ida, sudah ditunjuk jadi pengacara Pak Jonru per tanggal 1 September 2017,” kata Razman saat dimintai konfirmasi.

Razman mengatakan akan segera melakukan upaya pembelaan terhadap Jonru, yang diduga menyebarkan kebencian lewat akun media sosialnya. Razman dkk juga akan mendalami laporan tersebut, apakah benar Jonru mengumbar hate speech atau tidak.

Menurut Razman, yang mengaku telah berkomunikasi dengan Jonru, kliennya sama sekali tidak takut setelah dilaporkan ke polisi. Razman mengaku siap membela Jonru.

Razman mengatakan laporan Muannas tidak susbtansial.

“Dia melaporkan Jonru, tapi Jonru yang dilaporkan itu kaitannya ada yang (unggahan terkait kasus penipuan) First Travel, ada pernyataan tentang hijab, nggak tahu kita yang mana,” kata Razman.

Razman mengatakan pelaporan Jonru ke polisi bermula saat kliennya muncul dan berdebat dengan politikus Akbar Faizal di salah satu televisi swasta. Saat itu Akbar menanyakan Jonru soal unggahan tentang asal-usul keluarga Presiden Joko Widodo. Jonru mengamini unggahan itu benar dibuatnya.

“Apakah yang dilaporkan ini terkait dengan asal-usul Jokowi atau kaitan yang lain?” ungkap Razman keheranan.

Razman mengaku masih mengkaji laporan Muannas yang juga politikus NasDem terhadap Jonru. Dia pun berharap Muannas menjelaskan lebih lanjut soal pelaporannya terhadap Jonru.

“Kan nggak perlu banyak banget ya bahannya, cukup 1-2 saja tahu kita mana unsur-unsur yang masuk UU ITE, mana yang tidak masuk, mana yang mendekati kebenaran, mana yang kita anggap hoax,” papar Razman.

“Saya mau dia substantif, dikedepankan substansialnya biar kelihatan arahnya,” imbuh Razman.

Jonru dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Muannas Al Aidid pada Kamis (31/8) dengan nomor laporan: LP/4153/VIII/2017/PMJ/Dit Reskrimsus dengan dugaan menyebar ujaran kebencian di media sosial dalam kurun waktu Maret-Agustus 2017. Laporan tersebut sesuai dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: