Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Razman: Jonru Siap Wakafkan Nyawa untuk Apa yang Dilakukannya

Jonru menyebut tak melawan Jokowi

Jonru menyebut tak melawan Jokowi. (FB Fan Page Jonru)

Anekainfounik.net. Aktivis media sosial Jonru Ginting dilaporkan pengurus Badan Advokasi dan Hukum (Bahu) NasDem Muannas Al Aidid ke polisi terkait ujaran kebencian di media sosial. Pengacara pria bernama asli Jon Riah Ukur tersebut, Razman Arif Nasution, mengatakan Jonru siap mewakafkan nyawa untuk membuktikan kebenaran pendapatnya.

“Saya tidak takut, saya berani, saya siap, bahkan saya siap mewakafkan nyawa saya untuk apa yang saya lakukan yang terbaik menurut kepercayaan saya, agama saya, dan untuk bangsa saya,” ujar Razman menirukan ucapan Jonru, Sabtu (2/9/2017).

Menurut Razman, pelaporan Jonru ke polisi bermula saat kliennya muncul dan berdebat dengan politikus Akbar Faizal di salah satu televisi swasta. Saat itu Akbar menanyakan Jonru soal unggahan tentang asal-usul keluarga Presiden Joko Widodo. Jonru mengamini unggahan itu benar dibuatnya.

“Menurut saya, kalimat-kalimat beliau ini adalah kalimat universal, belum ketemu substansinya yang mana, apalagi laporannya masih mengambang,” terang Razman membela Jonru.

Razman siap membela Jonru untuk membuktikan kebenaran. Razman juga menyebut Jonru percaya kepada dia dan tim kuasa hukum lainnya.

“Dengan data-data yang dimiliki Pak Jonru dan kepercayaan yang tinggi dari Pak Jonru, kami optimistis Pak Jonru bisa kami bantu dan bisa saja lolos dari jeratan hukum,” sebut Razman.

Menurut Razman, unggahan Jonru soal asal-usul keluarga Jokowi bukan menghina Jokowi sebagai Presiden RI. Razman mengatakan Jonru mengunggah cuitan tersebut pada saat Pilpres 2014.

“Posisi Pak Jokowi pada waktu itu adalah sebagai capres, bukan sebagai presiden,” ujar Razman saat dimintai konfirmasi, Sabtu (2/9/2017).

Baca juga: Pengacara ‘Papan Atas’ yang Ditunjuk Jonru adalah Razman Nasution

Razman menyebut kliennya dalam posisi bertanya saat mengunggah cuitan soal asal-usul Jokowi karena, menurut Jonru, Prabowo sebagai penantang Jokowi kala itu sudah jelas silsilah keluarganya. Selain itu, menurut Razman, kliennya berhak menanyakan soal itu dan mengungkapkannya lewat Facebook karena punya hak.

“Ibunya Pak Jokowi kan sudah jelas ada, sekarang bapaknya siapa. Misalnya masih hidup, di mana, kalau sudah meninggal, kuburannya di mana?” terang Razman.

Lebih lanjut Razman menyebut pelaporan kliennya karena dianggap menghina simbol negara kurang tepat. Lebih tepatnya, kata Razman, kliennya menghina Jokowi yang saat itu belum jadi presiden.

“Kalau mengatakan menghina presiden, itu keliru, karena itu adalah calon presiden. Tepatnya menghina capres,” cetus Razman.

Muannas melaporkan Jonru terkait status media sosialnya pada kurun Maret-Agustus 2017. Tentunya pada kurun itu Jokowi sudah menjadi Presiden RI. Tetapi yang laporan Muannas terhadap Jonru bukanlah soal pasal penghinaan lambang negara, melainkan ujaran kebencian.

Jonru dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Muannas Al Aidid pada Kamis (31/8) dengan nomor laporan: LP/4153/VIII/2017/PMJ/Dit Reskrimsus dengan dugaan menyebar ujaran kebencian di media sosial dalam kurun waktu Maret-Agustus 2017. Laporan tersebut sesuai dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Muannas melapor atas nama pribadi, meski dirinya kader NasDem.

Iklan

Diskusi

One thought on “Razman: Jonru Siap Wakafkan Nyawa untuk Apa yang Dilakukannya

  1. Dasar manusia berotak onta, memangnya krn kgk ngasih tahu dimana bapaknya atau dimana kuburan bpk nya jadi kgk jelas asal usul org?
    Coba kalo si muke gile ngomong begitu ane, bakal ane ratain tuh muka sialan dan masukin ke tong sampah!!

    Posted by Ahmad | September 3, 2017, 6:08 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: