Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Jonru Ganti Pengacara ‘Papan Atasnya’, dari Razman ke LBH Bang Japar

Jonru berfoto bersama LBH Bang Japar

Jonru berfoto bersama LBH Bang Japar. (istimewa)

Anekainfounik.net. Jonru Ginting, yang dipolisikan terkait ujaran kebencian, menarik surat kuasa dari Razman Nasution, yang sebelumnya merupakan pengacaranya. Dia kini menunjuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kebangkitan Jawara dan Pengacara ( Bang Japar) untuk membelanya dalam kasus ini.

“Perlu saya sampaikan bahwa kuasa hukum saya yang resmi adalah LBH Bang Japar. Sebelumnya, saya memang sempat menunjuk pengacara lain. Namun saat ini, secara resmi saya sudah membatalkan surat kuasanya,” tulis Jonru lewat Facebook, Selasa (5/9/2017).

Jonru menegaskan saat ini sudah tidak bekerja sama dengan Razman selaku pengacara. Meski demikian, dia tidak menjelaskan alasannya.

“Saya tidak perlu menjelaskan alasan pembatalan surat kuasa tersebut karena itu bukan untuk konsumsi publik,” ungkapnya

Bang Japar merupakan kumpulan jawara dan pengacara yang sempat berpartisipasi membantu pemenangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Pilkada DKI Jakarta 2017 silam. Terakhir mereka aktif membela Buni Yani dan membatalkan SP3 Ade Armando.

Direktur LBH Bang Japar Djudju Purwantoro menyampaikan keputusan LBH Bang Japar untuk mendampingi Jonru berawal dari inisiatif teman dan kerabat Jonru yang masih satu lingkungan perkawanan dengan orang-orang dari LBH Bang Japar.

Mereka menyarankan agar Jonru berkomunikasi dengan pihak LBH Bang Japar terkait laporan terhadap dirinya.

“Bang Jonru disarankan untuk menghubungi LBH Bang Japar, kemudian disepakati kami mendampingi Bang Jonru,” tutur Djudju, Selasa (5/9/2017), seperti diberitakan Kompas.com.

Menurut Djudju, pihaknya telah membentuk tim pengacara yang khusus membela Jonru. Ada 30-an pengacara LBH Bang Japar dari tim tersebut yang jadi anggota inti dan tidak menutup kemungkinan akan ada LBH lain yang bergabung membela Jonru ke depannya.

Sementara menanggapi hal ini, Razman menyatakan belum menerima pembatalan surat kuasa dari Jonru. Dia juga menyatakan tidak tergabung dengan LBH Bang Japar.

“Kita tidak pernah terima surat pembatalan kuasa,” ucap Razman saat dihubungi.

Baca juga: Razman Ancam Mundur Dari Pengacara Bila Jonru Tak Kooperatif

Sebelumnya, Razman sempat mengancam akan mundur dari posisi sebagai pengacara Jonru. Alasannya, dia sudah mengingatkan Jonru agar tidak lagi mem-posting hal-hal yang tidak perlu.

“Saya juga akan menilai dengan tim, kalau saya lihat sikap dia (Jonru) terus-menerus dan tidak mematuhi, tentu saya akan pertimbangkan untuk menarik diri (sebagai pengacara). Kalau dia terus-terusan dianggap tidak memahami posisi lawyer yang kita juga tidak mudah berjuang untuk beliau,” ujar Razman saat dihubungi, Senin (4/9/2017) malam, dilansir Detikcom.

Jonru dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Muannas Al Aidid pada Kamis (31/8) dengan nomor laporan: LP/4153/VIII/2017/PMJ/Dit Reskrimsus, dengan dugaan menyebar ujaran kebencian di media sosial dalam kurun Maret-Agustus 2017. Laporan tersebut sesuai dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: