Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

3 Bulan Sebelum Lengser Diganti Istri, Wali Kota Batu Ditangkap KPK

Eddy Rumpoko dan istrinya Dewanti di Inggris

Eddy Rumpoko dan istrinya Dewanti di Inggris. (Instagram @ganisrumpoko)

Anekainfounik.net. Wali Kota Batu Eddy Rumpoko akan segera lengser pada Desember 2017. Namun, sebelum masa jabatannya berakhir, Eddy terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK terkait dugaan suap proyek.

Saat masa jabatan berakhir, Eddy akan digantikan oleh Dewanti Rumpoko, yang tak lain adalah istrinya. Dewanti memenangi Pilwakot Batu 2017 bersama pasangannya, Punjul Santoso. Keduanya unggul jauh dari lawannya, yakni Rudi-Sujono Djonet dan Abdul Majid-Kasmuri Idris.

Dewanti sendiri telah tiga kali dicalonkan sebagai kepala daerah. Pertama pada Pilwakot Malang 1999, Pilbup Malang 2015, dan terakhir Pilwakot Batu 2017.

“Saya pernah jadi calon Wali Kota Malang ketika di awal reformasi. Tahun lalu di Kabupaten Malang. Sekarang di Batu. Mungkin jodohnya saya ada di Batu,” kata Dewanti di posko pemenangannya yang juga kantor DPC PDIP Kota Batu di Jalan Oro-Oro Ombo, Rabu (15/2/2017).

Begitu terpilih menjadi Wali Kota Batu, Dewanti berjanji akan membangun kota tanpa bantuan dari suaminya. Sejumlah program telah ia susun, termasuk program suaminya yang tetap dilanjutkan, yakni soal pendidikan.

“Ya jelas, melanjutkan program Bapak yang sudah terlihat kemanfaatannya bagi masyarakat. Saya akan melanjutkan dan akan saya sempurnakan lagi. Tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Pak Eddy Rumpoko 80 persen, lo,” kata Dewanti.

Rencananya, setelah lengser pada Desember mendatang, Eddy bakal kembali menggeluti usaha di bidang properti. Namun tampaknya rencananya itu sirna. KPK menangkap Eddy di rumah dinasnya siang tadi. Dia kedapatan sedang menerima suap dari seorang pengusaha mebel. Suap ratusan juta rupiah diberikan ke Eddy Rumpoko terkait proyek pengadaan barang dan jasa di kantor Wali Kota Batu, salah satunya pengadaan mebel.

“Benar ada Tim KPK yang lakukan OTT siang ini di salah satu kabupaten/kota di Jawa Timur. Sekitar 5 orang diamankan, termasuk kepala daerah dan pejabat unit pengadaan,” kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan.

Iklan

Diskusi

One thought on “3 Bulan Sebelum Lengser Diganti Istri, Wali Kota Batu Ditangkap KPK

  1. Kok akhir2 ini bnyak yg kena OTT ya, miris sy, 😭😭

    Posted by Desfortin | September 16, 2017, 11:09 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: