Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Berencana Lempar Bom Molotov ke Jokowi, Teroris Ditangkap di Cirebon

Terduga teroris yang ditangkap di Cirebon

Terduga teroris yang ditangkap di Cirebon. (Kompas)

Anekainfounik.net. IM (31), seorang terduga teroris ditangkap di Bandara Cakra Buana Penggung Kota Cirebon, jelang kehadiran Presiden Jokowi. Pelaku diduga berniat untuk melempar bom molotov ke arah Presiden Jokowi yang menghadiri penutupan Pekan Festival Nusantara (FKN) XI 2017 di Kota Cirebon, Jawa Barat.

IM sudah mengamati Bandara Penggung Cirebon tempat Jokowi mendarat sejak Minggu (17/9/2017) kemarin.

“Kita mendapat informasi dari intelsus bahwa melihat seorang jaringan JAD (Jamaah Ansharut Daulah) Cirebon ada di sekitar bandara kemarin malam,” ucap Dir Reskrimum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (18/9/2017).

Aksi pelaku gagal terjadi. Tim gabungan Polda Jabar dan Polres Cirebon lebih dahulu meringkus IM. Warga Desa Burujul Wetan, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka tersebut ditangkap di sekitaran Bandara Penggung sekitar pukul 14.30 WIB.

Pelaku sendiri membawa 5 buah bom molotov yang sudah disebar. Selain bom molotov, pelaku juga membawa senjata tajam berupa sangkur, airsoft gun dan pepper spray.

“Akhirnya kita lakukan penangkapan. Saat dibongkar barang bawaannya kita temukan ada sangkur, airsoft gun dan pepper spray. Selain itu kita juga menemukan ada lima bom molotov yang sudah disebar oleh yang bersangkutan,” katanya.

Menurut Umar, IM yang merupakan jaringan JAD ini bergerak sendiri atau lone wolf. Ia menyasar petugas keamanan bahkan tidak menutup kemungkinan menyasar juga Presiden Jokowi yang dijadwalkan mendarat di bandara tersebut.

“Dia ini sifatnya lone wolf. Menyasar siapa saja. Ada petugas ya petugas, kalau mendekat ke Presiden ya tidak menutup kemungkinan (sasar presiden),” kata Umar.

Sementara itu di tempat yang sama, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus mengatakan, IM sendiri memiliki keterkaitan dengan serangkaian aksi teror yang terjadi selama ini. Aksi teror di Thamrin, penyerangan anggota polisi di Cikokol Tanggerang hingga teror bom molotov di mobil TvOne depan Pendopo Kota Bandung beberapa tahun lalu berkaitan dengan IM.

“Jadi dia ini pemain lama. Termasuk memiliki keterkaitan dengan JAD Ciamis,” kata Yusri.

Meskipun memiliki keterkaitan dengan kelompok teroris, sambung Yusri, dalam menjalankan aksinya IM bersifat lone wolf atau bergerak sendiri. Sasarannya anggota kepolisian.

“Kita masih dalami sejauh mana peran yang bersangkutan selama ini,” katanya.

Namun kemudian pihak kepolisian meralat soal rencana aksi teror yang dilakukan IM ini. IM diduga akan melakukan aksi teror kepada petugas keamanan, bukan menyasar Presiden Jokowi yang dijadwalkan mendarat di kawasan Bandara Cakrabhuwana, Kota Cirebon.

“Jadi bukan ke Presiden. Sasarannya itu ke petugas keamanan,” ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jabar, Senin (19/9/2017).

Serangan kepada petugas keamanan termasuk anggota polisi itu, kata Agung, bertujuan untuk mengambil senjata yang dibawa oleh petugas. Bukan tidak mungkin, sambung dia, senjata itu nantinya digunakan untuk melumpuhkan petugas.

“Intinya dia mau merebut senjata, syukur-syukur bisa dapat senjata yang laras panjang. Kalau sudah diambil, bisa dipakai untuk apa saja,” katanya.

Menurut Agung, penangkapan IM sendiri dilakukan jauh dari lokasi mendaratnya Presiden Jokowi. IM ditangkap di sebuah warung yang berada di luar area bandara.

“Jadi dia di luar bandara ditangkapnya. Di ring tiga pengamanan Presiden,” katanya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: