Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Diperiksa Polisi, Jonru Tak Membantah Status FB-nya Hate Speech

Jonru Ginting mengenakan baju tahanan Polda Metro

Jonru Ginting mengenakan baju tahanan Polda Metro. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Jonru Ginting telah ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan perkara ujaran kebencian (hate speech). Dalam pemeriksaan sebagai tersangka, Jonru telah mengakui posting-annya tersebut.

“Kemarin yang bersangkutan sudah dilaksanakan pemeriksaan kemarin sore sampai malam. Intinya bahwa Jonru, yang bersangkutan membenarkan dia menulis atau meng-upload di dalam medianya dia yang berkaitan dengan apa yang dituduhkan,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/10/2017), dilansir Detikcom.

Dalam pemeriksaan itu, menurut Jonru, tulisannya tersebut tidak bisa digeneralisasi sebagai ujaran kebencian. Menurutnya, tuduhan ujaran kebencian atas posting-annya itu bisa diartikan berbeda-beda.

“Intinya, yang bersangkutan mengakui dan menyampaikan bahwa menulis sesuatu kan siapa pun boleh dan ungkapan yang dia sampaikan bukan ilmu pasti. (Menurut Jonru) siapa pun boleh menyampaikannya atau boleh menafsirnya sesuai hati masing-masing,” tutur Argo.

Lebih lanjut, Argo menyatakan pemeriksaan Jonru pada Minggu (1/10) kemarin merupakan pemeriksaan lanjutan. Hari ini, tidak ada pemeriksaan terhadap Jonru.

“Yang bersangkutan kita tahan di tahanan narkoba Polda Metro. Kalau penyidik masih ada kekurangan-kekurangan, yang bersangkutan akan kita periksakan kembali. Untuk hari ini tidak ada pemeriksaan,” tandas Argo.

Jonru resmi ditetapkan sebagai tersangka pada 29 September lalu dalam kasus ujaran kebencian. Dia sebelumnya dilaporkan oleh pengacara Muannas Alaidid pada 31 Agustus lalu dengan laporan nomor : LP/4153/ VIII/2017/ PMJ/Dit. Reskrimsus Tertanggal 31 Agustus 2017.

Alaidid kembali melaporkan Jonru dengan tuduhan pencemaran nama baik dalam laporan bernomor LP/4157/IX/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 19 September 2017.

Pada 29 September, polisi menetapkan Jonru sebagai tersangka kasus ujaran kebencian. Keesokan harinya, yang bersangkutan resmi ditahan.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: