Iklan
//
Anda membaca...
Bisnis

Endorse di Instagram Dapat Rp 100 Juta, Syahrini Diminta Bayar Pajak

Syahrini dan pengacaranya, Hotman Paris Hutapea

Syahrini dan pengacaranya, Hotman Paris Hutapea. (Tribunnews.com)

Anekainfounik.net. Penyanyi Syahrini buka-bukaan terkait harga satu kali endorsement atau mengunggah produk untuk promosi di akun Instagram miliknya, @princessyahrini. Hal tersebut dikemukakannya untuk menyanggah peranggapan keterlibatannya dengan kasus penggelapan dana jamaah umrah korban First Travel.

“Posting di instagram itu, setahu aku dari manajemen, satu kali Syahrini posting itu Rp 100 juta,” ujar Syahrini di Kantor Bareskrim, Gedung KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (9/10).

Harganya akan berubah menjadi lebih fantastis ketika sebuah produl memintanya untuk menjadi ikon produk tersebut untuk mempromosikannya ke masyarakat.

“Kalau ikon setahu aku dari manajemen itu Rp 1 miliar,” katanya.

Menanggapi hal ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan memastikan, penghasilan artis yang berasal dari media sosial seperti Instagram menjadi objek pajak yang harus dilaporkan.

“Penghasilan sebagai endorser di Instagram merupakan objek pajak penghasilan,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama, Jakarta, Selasa (10/10/2017), seperti dikutip dari DetikFinance.

Hestu menyebutkan, mekanisme pemungutan pajak terhadap kegiatan tersebut yakni melalui pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 oleh pemberi order.

“Jadi setiap membayar kepada artis tersebut, perusahaan pemberi order memotong PPh Pasal 21 sesuai ketentuan, dan memberikan bukti potongnya kepada artis,” jelas dia.

Tidak hanya pemberi order, kewajiban pembayaran pajak juga didapati oleh sang selebgram. Di mana, si artis wajib mengisi SPT Tahunan dengan melaporkan seluruh penghasilan yang diterimanya dalam setahun.

“Menghitung PPh terutangnya, dia dapat mengkreditkan PPh Pasal 21 yang telah dipotong perusahaan pemberi order berdasar bukti potong yang dimilikinya terhadap pajak terutang, serta membayar PPh Pasal 29 apabila terjadi kurang bayar,” tutup dia.

Iklan

Diskusi

One thought on “Endorse di Instagram Dapat Rp 100 Juta, Syahrini Diminta Bayar Pajak

  1. Waw, Rp 100 juta skli endorse, LUAR BIASA. Klau pajaknya gak dibayar, itu jlas lebih LUAR BIASA lg, šŸ˜„

    Posted by Desfortin | Oktober 10, 2017, 6:32 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: