Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Dengar Keluhan, Presiden Duduk Sejajar dengan Keluarga Korban Sinabung

Jokowi mendengar keluhan warga pengungsi Sinabung

Jokowi mendengar keluhan warga pengungsi Sinabung. (Foto: Biro Pers Setpres)

Anekainfounik.net. Presiden RI Joko Widodo mengunjungi warga korban erupsi Gunung Sinabung yang direlokasi ke Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (14/10/2017). Jokowi menyempatkan untuk mampir ke salah satu rumah keluarga korban.

Duduk di kursi depan rumah salah satu korban Sinabung, Jokowi menangkap pesan optimis keluarga korban Sinabung. Saat ini mereka menghuni permukiman yang dibangun bagi 3.331 kepala keluarga.

Jokowi tampak duduk di tengah keluarga korban Sinabung. Bangku yang digunakan Jokowi duduk adalah bangku yang sama diduduki oleh pria dan perempuan yang sedang dia ajak bicara.

Jokowi mengenakan kemeja putih, sedangkan perempuan di sebelah kanan Jokowi mengenakan pakaian berwarna orange, adapun seorang pria di sebelah kirinya memakai kemeja batik abu-abu.

Terlihat di foto, seperti tak ada jarak antara Sang Presiden dengan rakyatnya. Suasana mengobrol seperti ini tak ubahnya seperti suasana interaksi antarwarga biasa yang umum dijumpai.

Jokowi duduk di tengah keluarga korban Sinabung

Jokowi duduk di tengah keluarga korban Sinabung

“Mampir di salah satu rumah warga di Siosar, Kabupaten Karo di Sumatera Utara siang tadi, saya menangkap optimisme keluarga-keluarga korban letusan Gunung Sinabung beberapa tahun lalu. Mereka kini menghuni kawasan relokasi bagi 3.331 kepala keluarga ini,” kata Jokowi dalam akun facebooknya @Jokowi, Sabtu (14/10/2017).

Rosmeri Boru Ginting, salah satu warga yang rumahnya dikunjungi Presiden, mengaku sangat senang bisa bersalaman dan berbincang dengan orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut.

“Senang kali aku, seorang pengungsi bisa bersalaman dengan Presiden. Tadi Pak Presiden tanya lahanku ditanami apa dan bagaimana hasilnya. Kubilang, ditanam kentang tapi belum tahu hasilnya karena belum panen,” kata Rosmeri girang.

Jokowi disambut warga perumahan relokasi pengungsi Gunung Sinabung

Jokowi menyapa warga saat tiba di kawasan perumahan relokasi pengungsi Gunung Sinabung di Desa Siosar, Karo, Sumatera Utara, Sabtu (14/10). (Foto: ANTARA/Septianda Perdana)

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi berharap, kehadiran Presiden menyapa langsung masyarakat pengungsi menjadi penyemangat untuk menata kembali kehidupannya di tempat yang baru.

Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi sempat memberikan buku kepada anak-anak pengungsi dan menikmati keindahan alam Siosar dengan berfoto mengambil latar belakang Gunung Sinabung.

Jokowi juga mengatakan, saat ini sedang disiapkan pembangunan 1.874 rumah di 14 hamparan yang diperkirakan selesai akhir 2017. Sisanya sekitar 1.080 rumah akan selesai pada akhir 2018 karena sudah ada penetapan dari Kementerian LHK soal kawasan hutan seluas 470 hektar yang akan digunakan sebagai areal relokasi.

“Untuk mereka telah dibangun 370 rumah berikut lahan untuk pertanian. Mereka menanam kentang dan kini sudah berproduksi. Pemerintah tetap akan menyelesaikan lagi rumah untuk sekitar 1.863 KK yang tersebar di 14 hamparan hingga akhir tahun ini. Sisanya, sebanyak 1.098 rumah akan diselesaikan tahun depan,” kata Jokowi.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: