Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ahok: di Mako Brimob: Integritas Itu Bisa Dibuang Tapi Tak Bisa Dicuri

Ahok tersenyum saat menjalani sidang

Ahok tersenyum saat menjalani sidang. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang sedang menjalani hukuman di di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Seorang pemerhati media dan peneliti bernama Ignatius Haryanto menulis di akun Facebook miliknya setelah mengunjungi mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut di Rutan Mako Brimob, Depok, Selasa (24/10/2017) pukul 13.10 WIB kemarin. Tulisan tersebut berjudul “SEBUAH SELASA SIANG BERSAMA BTP”.

Haryanto menemui Ahok bersama sembilan penulis buku Kami Ahok. Para penulis itu berasal dari berbagai kalangan, di antaranya wartawan, dosen, dokter, ahli kelautan, sejarawan, ahli agama, dan penulis novel termasuk sejarawan Peter Carey asal Inggris yang mengkhususkan diri dalam sejarah modern Indonesia. Pertemuan yang berlangsung dari pukul 13.10 hingga 13.50 WIB itu diisi dengan obrolan ringan seputar buku dan kegiatan Ahok selama berada dalam tahanan.

Haryanto menulis cerita Ahok mengenai apa yang ia lakukan selama ia menghabiskan waktu dari hari ke hari dalam tahanan dengan berolah raga, menulis, hingga belajar Bahasa Mandarin.

“Ini hari ke-168 gua ada di sini, dan sepanjang itu gua udah abis baca 18 buku. Ada yang sedeng tebelnya, tapi ada juga yang sampe 400-an halaman. Pokoknya gua manfaatin banget dah waktu di sini untuk bisa baca,” kata Ahok, seperti ditulis Haryanto.

Haryanto menyebut tak ada kalimat mengeluh keluar dari mulutnya saat pertemuan tersebut. Ahok yang mendominasi pembicaraan ringan tersebut dengan bercerita apa yang dilakukannya selama dalam tahanan. Ahok bahkan bercanda menyebut dirinya seperti Batman Returns.

“Tau ga, gua ini udah kayak Batman Returns gitu. Tiap hari gua sit up dalam goa sampe seratusan kali. Makanya gua hari ini pake kemeja, biasanya gua pake kaos aja, tapi gua pengin ngecek aja, ini kemeja masih muat apa engga? Kan gua sekarang udah lebih berisi lah … Ha ha ha ..”

Ahok juga menjawab pertanyaan tentang minat kembali ke dunia politik.

“Banyak orang pada nanya ke gua, apa nanti gua akan balik ke politik lagi apa enggak? Gua susah kalau jawab pertanyaan begitu. Biasanya yang nanya gitu, gua kasih cerita soal Sun Tzhu,” demikian ucapan Ahok yang ditulis oleh Hary.

Dalam kesempatan ini, Haryanto juga mengkonfirmasi mengenai lirik lagu yang disebut ditulis Ahok.

“Saya pun sempat bertanya, ‘Pak di grup WA ada banyak beredar tuh katanya lagu yang bapak bikin lirik lagunya….’ Belum selesai saya rampungkan kalimat, Ahok langsung motong, ‘Boro-boro bikin lagu, nyanyi aja gua fales, gimana mau bikin lagu. Di sini nih selera gua dianggap kampungan banget. Gua sukanya lagu dangdut, di sini diketawain, karena di sini muternya lagu jazz, macem Louis Amstrong gitu… Jadi kagak mungkin gua bikin lirik lagu segala.’ (Nah kan terkonfirmasi ya… itu bukan lirik bikinan Ahok lohhh…),” lanjut Hary panggilan Ignatius Haryanto.

Dalam pembicaraan ringan tersebut, Ahok juga menyelipkan kalimat bersayap yang entah apa maksudnya.

“Dan ia menutup pembicaraan tadi dengan kalimat begini: “Integritas itu bisa dibuang, tapi tak bisa dicuri…” Kalimat bersayap ini entah kepada siapa ia tujukan. Yang pasti siang itu pertemuan sangat berkesan bagi sepuluh orang penulis, dan mudah-mudahan untuk Ahok juga, karena dia begitu excited bertemu dengan sejarawan asal Inggris yang pernah menyebutnya “ujung tombak pemberantasan korupsi di Indonesia””.

Berikut isi tulisan lengkap Haryanto tersebut.

Iklan

Diskusi

2 thoughts on “Ahok: di Mako Brimob: Integritas Itu Bisa Dibuang Tapi Tak Bisa Dicuri

  1. Mana tulisan lengkapnya?

    Posted by Desfortin | Oktober 26, 2017, 11:16 am
  2. Reblogged this on Indonesia Progresif.

    Posted by SB | November 1, 2017, 10:56 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: