Iklan
//
Anda membaca...
Fauna

Foto Serangga Aneh Heboh di Facebook, Apa Itu?

Serangga aneh ditemukan di Kebumen

Serangga aneh ditemukan di Kebumen. (Facebook/Gandik)

Anekainfounik.net. Belakangan ini sebuah serangga jadi bahan perbincangan netizen karena bentuknya dianggap aneh, tidak seperti kebanyakan serangga pada umumnya. Serangga tersebut memiliki semacam ekor tentakel berbentuk “X” yang berwarna abu-abu dan berbulu.

Foto dan video tersebut pertama kali dibagikan melalui akun Facebook bernama Gandik yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah pada Kamis (19/10/2017). Gandik mengaku menemukan serangga dengan bentuk aneh di rumahnya.

Bentuknya yang aneh membuat banyak orang yang melihatnya merinding. Bahkan banyak yang bertanya-tanya apakah serangga itu nyata atau hanya rekayasa si pengunggah. Tak heran, komentar yang menanggapi postingan Gandik tersebut tak hanya berasal dari Indonesia, tapi dari seluruh dunia. Sejauh ini postingan Gandik telah dibagikan lebih dari 205 ribu kali, dan memperoleh 11 ribu Like. Bahkan videonya telah ditonton lebih dari 40 juta kali.

Namun, serangga tersebut memang nyata. Ia termasuk dalam keluarga ngengat dan bernama Creatonotos gangis. Biasanya, ngengat ini tinggal di beberapa bagian Asia Tenggara dan Australia.

Nah, bagian yang seperti ekor tentakel tersebut sebenarnya adalah coremata, organ di ujung perut ngengat jantan yang bisa dimasukkan ke dalam.

“Ketika mereka dikembangkan, seperti pada video tersebut, organ berbulu ini mengeluarkan feromon untuk merayu ngengat betina,” kata Coffs Harbour Butterfly House seperti dikutip dari Livescience, Rabu (25/10/2017), seperti dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Namun, di balik penampilannya yang unik, spesies ini adalah masalah bagi para petani. Ketika masih berupa ulat, C gangis terkenal sebagai pemakan tanaman kedelai, beras, dan jagung yang rakus.

Anda dapat mengenali ulat C gangis dari warnanya yang coklat, tubuhnya yang berbulu, dan garis kuning pada punggungnya. Ketika ulat ini bermetamorfosis, mereka mengembangkan sayap depan berwarna coklat dan sayap belakang berwarna putih.

“Sedangkan perutnya biasanya berwana merah, atau kadang juga berwarna kuning dalam beberapa kasus,” kata rumah kupu-kupu tersebut.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: