Iklan
//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Senangnya NasDem & Hanura Usai Amien Rais Minta PAN Keluar Kabinet Jokowi

Pendiri PAN, Amien Rais

Pendiri PAN, Amien Rais. (kumparan.com)

Anekainfounik.net. Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Ia meminta partai yang didirikannya itu keluar dari kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Hal ini disampaikan Amien saat menanggapi pernyataan JK soal PAN yang menolak UU Ormas.

“Yang betul Pak JK, sebaiknya PAN keluar karena akan jadi beban sejarah,” ujar Amien saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema menolak kelanjutan proyek reklamasi Teluk Jakarta di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2017), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Amien menuding pemerintahan Jokowi-JK banyak dosa, salah satunya terkait reklamasi Teluk Jakarta. Ia tak sudi jika PAN tetap bersama pemerintah.

“Kalau tidak keluar, nanti dikenang sebagai partai lahir dari rahim reformasi tapi ujung-ujungnya hanya menjadi pendukung negara yang meladeni kepentingan pengembang, bukan rakyat,” sebut pria berusia 73 tahun ini.

Amien juga siap adu data dengan Jokowi terkait reklamasi. Ia sedang mencari waktu bertemu Jokowi.

“Insyaallah 9 tim ini akan mencari waktu dengan Pak Jokowi, bukan Luhut. Jadi langsung ke jantung kekuasaan, kita akan santun, sopan, memberikan masukan usulan sangat masuk akal yang bisa dipertimbangkan,” ucap eks Ketua MPR ini.

Namun ancaman Amien Rais ini malah membuat senang beberapa partai yang dulu tergabung dalam KIH (Koalisi Indonesia Hebat) yang memberi sinyal seakan-akan mereka menunggu momen saat PAN memutuskan keluar sendiri bukan dikeluarkan. Partai NasDem dan Hanura secara terang-terangan menyukai usulan Amien Rais tersebut.

“Saya kira bagus tuh sarannya, untuk apa gabung dengan pemerintah jika semua keputusan yang diambil oposisi,” kata Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR Irma Suryani Chaniago, Jumat (3/11/2017), dilansir anekainfounik.net dari detikcom.

Partai Hanura juga memandang kebijakan untuk keluar dari koalisi Jokowi merupakan hak dari PAN. Hanura tidak keberatan jika PAN ingin keluar dari partai pendukung pemerintah.

“Itu hak PAN untuk keluar atau tetap di koalisi pemerintahan. Kita nggak keberatan sama sekali, bahkan saya kira lebih bagus agar jelas mana yang konsisten mana yang tidak,” kata Ketua DPP Partai Hanura Dadang Rusdiana kepada detikcom, Jumat (3/11).

Sementara itu Partai Golkar yang juga partai pendukung pemerintah memberikan tanggapan secara diplomatis.

“Terkait mengenai saran Pak Amien Rais menjadi domain internal PAN mari kita hargai dan hormati sebagai bagian dari dinamika internal,” kata Wasekjen Golkar Maman Abdurrahman, Jumat (3/11).

Senada dengan Golkar, PDIP juga menanggapi hal ini dengan hati-hati. Politikus PDIP Maruarar Sirait menilai apa yang disampaikan Amien Rais merupakan bentuk kebebasan berpendapat.

Maruarar mengatakan, setiap partai memiliki ideologi dan kemandirian sendiri dalam mengambil keputusan. Dan itu harus dihormati.

“Apakah itu mendukung atau keluar dari pemerintah. Itu adalah hak konstitusional partai yang harus dihormati,” kata Maruarar, Kamis (2/11/2017).

Jadi apakah usulan Amien Rais ini hanya gertak sambal saja atau benar-benar serius? Lalu apa tanggapan PAN? PAN sepertinya tak terlalu serius menanggapi pernyataan Amien.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, masukan dari Amien Rais sebagai tokoh partai akan didengar. Namun, hasil kajian tersebut seperti apa, hal tersebut tergantung dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sesuai dengan mekanisme yang berlaku di PAN.

“Keputusannya apa? Itu ada mekanisme partai, melalui rapat pimpinan partai, pleno partai yang mana itu partai saat ini dikomandoi oleh Pak Zul. Apapun keputusannya, bersama-sama dengan ketua umum partai,” kata Eddy, Kamis (2/11/2017).

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: