//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Dikritik Fahri soal Jumlah Tamu Pernikahan Kahiyang, Jokowi Tertawa

Jokowi di Siraman Kahiyang

Jokowi di Siraman Kahiyang. (Detikcom/allseasons-photo.com)

Anekainfounik.net. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertawa saat menanggapi kritikan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mengenai jumlah tamu pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

“Ha-ha-ha…,” kata Jokowi mendengar pertanyaan dari wartawan setelah dirinya mengikuti geladi bersih di gedung Graha Saba Buana, Desa Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

“Yang bagaimana apa?” tanya Jokowi ke wartawan.

“Pesta pernikahan yang lebih sederhana Pak,” kata wartawan, yang kemudian disambut tawa kecil dan senyum dari Jokowi.

“Apa, (sederhana) ya relatiflah ya. Yang namanya sederhana, wong kita ini juga punya hajatan di kampung, ya kan? Gedung juga gedung sendiri. Katering juga katering sendiri, panitia juga sendiri,” kata Jokowi tersenyum sambil menunjuk putranya, Gibran Rakabuming, yang berdiri di sebelahnya.

Jokowi pun meminta pesta pernikahan anaknya itu tidak dibanding-bandingkan dengan yang lain.

“Jadi jangan dibandingkan dengan yang lain-lain. Kita ini hajatannya di kampung, di daerah, jadi ya adanya seperti ini,” ujar Jokowi.

Sementara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menilai pernikahan Kahiyang sudah terlalu sederhana untuk ukuran putri Presiden. Bahkan karpet pesta pernikahannya bolong.

“Kalau menurut saya terlalu sederhana. Lihat saja, karpetnya bekas dan karpetnya juga ngelupas-ngelupas. Sekelas Presiden, begitu lho,” kata Pramono di Gedung Graha Saba Buana, Jl Letjen Suprapto, Surakarta, Selasa (7/11/2017).

Pernikahan sekelas presiden sebenarnya bisa menggunakan Istana Kepresidenan. Namun Jokowi tak memikih opsi itu dan memilih menggunakan gedung miliknya, Graha Saba Buana. Pramono mengatakan Jokowi punya sikap sederhana.

“Lha wong Presiden yang sangat merakyat dan sederhana. Tapi kalau memang kemudian ada yang mengkritik, ini negara demokrasi biasa-biasa aja,” kata Jokowi.

Dia menjelaskan pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Afif Nasution adalah pesta rakyat. Penyelenggaraannya juga mengundang masyarakat segala kalangan.

“Makanya yang datang ada tukang becak, pengamen, ada orang yang jualan di pasar. Ini menunjukkan betapa merakyatnya presiden kita. Yang datang banyak. Kenapa datang banyak? Karena banyak yang tidak mendapat undangan pun pengin datang. Ribuan,” ujar Pramono.

Sebelumnya, Fahri Hamzah mengkritik bahwa pernikahan Kahiyang terlalu berlebih. Dia mengingatkan ada aturan bahwa pernikahan pejabat maksimal hanya bisa 400 undangan. Sebagaimana diketahui, ada 8.000 undangan untuk pernikahan Kahiyang-Bobby Nasution.

“Saya mohon maaf ya, saya bukan tidak menghormati adat dan budaya, tapi menurut saya mbok ya sederhana saja lah. Sederhana lah, bikin pesta kecil di rumah, (undang) teman-teman. Sekarang kan ada Twitter, ada Vlog, pakai itu aja lah. ‘Anak gua lagi kawin nih’,” kata Fahri di Gedung DPR.

Baca juga: Kritik Jumlah Tamu Pernikahan Kahiyang, Fahri: Cukup Diumumkan Pakai Vlog

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: