Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Wakili Jokowi di Nikahan Kahiyang, Moeldoko Akan ‘Masuk’ Istana?

Moeldoko memberikan sambutan di resepsi pernikahan Kahiyang Ayu

Moeldoko memberikan sambutan di resepsi pernikahan Kahiyang Ayu. (Foto: Tribunnews.com)

Anekainfounik.net. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko dipercaya Presiden Jokowi untuk mewakili keluarganya menyambut tamu undangan dalam resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11) malam.

Moeldoko naik ke atas panggung. Ditemani dua anak lelaki Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, dia berbicara kepada tamu undangan atas nama keluarga mempelai.

“Selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu sekalian di malam ini berbagi kebahagiaan dua keluarga besar, Bapak Ir Joko Widodo dan keluarga besar Bapak Ir Erwin Nasution almarhum, di istana hati ini,” ujar Moeldoko memberi sambutan.

Politikus Hanura itupun sempat menyebut istilah ‘istana hati’ saat membicarakan pernikahan Kahiyang-Bobby. Hal tersebut menurut Moeldoko lantaran pernikahan Kahiyang-Bobby memberi banyak kebahagiaan bagi banyak orang.

“Sebenarnya pernikahan ini oleh keluarga Bapak Ir Joko Widodo disiapkan dan direncanakan sederhana,” ucapnya. Meski demikian, menurut Moeldoko, pihak keluarga tidak menyangka antusiasme masyarakat sangat tinggi.

Moeldoko menyebut pihak keluarga Kahiyang-Bobby bersyukur karena berbagai prosesi yang dijalani kedua mempelai sejak awal hingga resepsi tidak ada hambatan. Atas nama keluarga mempelai, dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tamu undangan yang hadir.

Dia mewakili pihak keluarga memohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan. Moeldoko juga mengajak tamu undangan mendoakan kedua mempelai agar langgeng dan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.

Belum ada penjelasan dari pihak Jokowi mengapa ia memilih Moeldoko untuk mewakili keluarga mempelai memberi sambutan di pernikahan Kahiyang-Bobby. Jenderal purnawirawan bintang empat itu juga tak mengungkap alasan mengapa dia yang dipilih.

Moeldoko hanya menyebut memberi sambutan mewakili pihak keluarga mempelai secara mendadak.

“Persiapan ya mendadak ya, tapi alhamdulillah ngomong saya bisa agak sedikit lancar. Ha-ha-ha…. Mohon maaf kalau ada kekurangan,” ucapnya.

Namun, bagi pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendro Satrio, hal ini merupakan kode dari Jokowi. Ia mengatakan meskipun tidak mempunyai hubungan keluarga dengan Jokowi dan tidak menjabat Panglima TNI lagi, kepercayaan tersebut jadi bukti Moeldoko tetep memiliki kedekatan dengan kepala negara.

Bahkan ini kode keras dari Jokowi yang akan meminang Moeldoko masuk Istana,” kata Hendro di Jakarta, Kamis (9/10/2017).

Hendro mengatakan, Moeldoko sangat mungkin dilirik oleh Jokowi untuk memperkuat Istana untuk menghadapi isu toleransi dan keberagaman yang belakangan ‘dimainkan’ pihak tertentu untuk menggoyang pemerintahan Jokowi.

“Bisa saja Moeldoko mengisi salah satu pos kementerian atau memimpin lembaga baru. Saya memperkirakan kemungkinan memimpin kementerian,” ujar Hendro.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI), Ari Junaedi, juga menilai kemunculan Moeldoko sebagai perwakilan keluarga Jokowi sebagai penanda bahwa sang jenderal itu tidak dilupakan oleh Panglima Tertinggi.

“Ini justru mengisyaratkan ‘kebangkitan’ politik Moeldoko, mengingat namanya relatif ‘tenggelam’ usai pensiun dari orang nomor satu di TNI,” kata Ari.

Bahkan, menurut Ari, penunjukan Moeldoko bisa dibaca sebagai rasa ketertarikan Jokowi terhadap sosok peraih Adhi Makayasa Akabri 1981 ini.

“Justru dari gestur Pak Moeldoko saya melihat ada semacam rencana penugasan dari RI-1 untuk Moeldoko ke depannya. Bisa jadi ini terkait dengan ketidakharmonisan yang terbaca dari luar antara Presiden dengan Panglima TNI,” urai Ari.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: