Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Anies Mengaku Tak Tahu Alumni Kanisius Walk Out Saat Dirinya Pidato

Anies Baswedan berpidato di acara Kolese Kanisius

Anies Baswedan berpidato di acara Kolese Kanisius. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Gubernur DKI Anies Baswedan mengaku tak mengetahui ada sebagian alumni walk out termasuk pianis ternama Ananda Sukarlan saat dirinya masih berpidato dalam acara peringatan 90 Tahun berdirinya Kolese Kanisius, Sabtu (11/11/2017).

“Saya malah baru tahunya sesudah dalam kantor. Pas datang tadi pagi pun saya belum tahu,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Menanggapi peristiwa tersebut, Anies mengatakan menghormati setiap perbedaan pandangan yang ada. Menurutnya setiap orang berhak mengungkapkan pendapatnya dengan cara masing-masing.

“Saya menghormati perbedaan pandangan. Saya menghormati pandangan yang berbeda. Dan saya memberikan hak kepada siapa saja untuk mengungkapkan dengan caranya,” ujar Anies.

Tugasnya sebagai Gubernur adalah untuk mengayomi dan menyapa semua warga. Baginya, reaksi negatif yang timbul merupakan bonus.

“Bagian kami adalah menyapa semua, mengayomi semua. Jadi itu tanggung jawab saya sebagai gubernur. Jadi saya akan menyapa semua mengayomi semua kalau kemudian ada reaksi negatif, ya itu bonus aja buat saya. Nggak ada sesuatu yang, biasa aja. Rileks,” tutur Anies.

Anies juga mengaku tak mengetahui berapa orang yang walk out dalam acara tersebut. Ia kemudian menegaskan bahwa ia memiliki hubungan baik dengan Kanisius.

“Saya nggak tahu. Karena ketika ada di dalam ruangan semua orang ada di dalam situ. Bahkan begini Romo Baskoro itu sahabat saya. Beliau datang sendiri ke sini. Kemudian Romo Benny itu bersahabat baik,” kata Anies.

“Jadi saya ini bukan kayak orang nggak kenal kalau sama teman-teman di Kanisius. Dan ini bukan kedatangan pertama di Kanisius. Jadi ketika dengar tadi pagi malah jadi ingat-ingat. Emang ada ya yang keluar. Karena saya nggak ingat tuh. Nggak lihat sama sekali. Bahkan kalau dengar sambutan dan lain lain, teman-teman lihat videonya deh, dari situ bisa dinilai,” lanjut Anies menjelaskan.

Anies kembali menegaskan bahwa ia menghormati setiap perbedaan pandangan yang ada. Dan perbedaan pandangan merupakan hak setiap warga negara.

“Tapi intinya kita saya hormati perbedaan pandangan dan itu adalah hak dari setiap warga negara,” ujar Anies.

Untuk diketahui, pianis Ananda Sukarlan berdiri dari kursi VIP-nya dan walk out saat Anies memberikan sambutan. Aksinya diikuti ratusan alumni lainnya.

Usai Anies meninggalkan acara, Ananda kembali ke ruangan dan memberikan pidato untuk penghargaan yang diberikan Kolose Kanisius kepada dirinya.

Dalam pidatonya itu, Ananda menyampaikan kritik terhadap panitia acara yang sengaja mengundang tokoh yang bertentangan dengan nilai-nilai yang diajarkan Kanisius.

“Anda telah mengundang seseorang dengan nilai-nilai serta integritas yang bertentangan dengan apa yang telah diajarkan kepada kami. Walaupun anda mungkin harus mengundangnya karena jabatannya, tapi next time kita harus melihat juga orangnya. Ia mendapatkan jabatannya dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Kanisius. Saya Muslim. Ini saya tidak ngomong politik, ini soal hati nurani dan nilai kemanusiaan,” kata Ananda yang juga mendapat penghargaan dalam acara peringatan 90 Tahun berdirinya Kolese Kanisius tersebut.

Saat dikonfirmasi mengenai aksi walk out-nya, Ananda menyebut dirinya tak menyebut nama Anies.

“Saya mengkiritik panitia bahwa mengundang seseorang yang mendapatkan jabatannya dengan cara-cara dan nilai-nilai yang tidak sesuai dengan ajaran Kanisius. Tapi saya tidak menyebut nama Pak Anies,” ujar Ananda, Senin (13/11/2017), dilansir dari Kompas.com.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: