Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Mendagri Beri Sinyal Akan Revisi Anggaran TGUPP Anies Rp 28 M

Mendagri Tjahjo Kumolo ditemui di Kemendagri

Mendagri Tjahjo Kumolo ditemui di Kemendagri. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo angkat suara soal anggaran Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) sebesar Rp 28 M yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Menurut Tjahjo, aturan soal tim gubernur termaktub dalam Pergub Nomor 411 Tahun 2016. Dalam aturan itu, kata Tjahjo, tim gubernur hanya diisi 15 orang, bukan 73 seperti usulan Anies.

“Memang di peraturan itu kan ada jumlah pembatasan, kalau nggak salah 15. Tapi itu pada prinsipnya tidak kaku, bisa bertambah bisa berkurang,” ujar Tjahjo di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/11/2017), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Soal penambahan anggota tim yang mencapai 73 orang, Tjahjo menyebut Anies perlu membahasnya bersama DPRD DKI. Meski nantinya disahkan, Tjahjo menegaskan pihaknya berwenang merevisi TGUPP versi Anies tersebut.

“Tambahannya ya tentunya harus dibahas bersama DPRD karena menyangkut anggaran di mana anggaran untuk tim itu harus disetujui oleh DPRD karena masuk dalam RAPBD. Itu aja prinsipnya,” jelas Tjahjo.

“Kalau secara prinsip, kami belum menerima usulan karena Kemendagri juga memiliki kewenangan untuk merevisi,” imbuh Tjahjo.

Tjahjo menekankan Anies-Sandi mesti mementingkan program prioritas mereka dalam penyusunan RAPBD 2018. Meski punya kewenangan merevisi TGUPP, Tjahjo menghormati usulan tersebut dan memberi ruang seluas-luasnya kepada Anies untuk mengelola pemerintahan Jakarta.

“Hal-hal yang melebihi ketentuan aturan UU ya dibahas dulu dengan DPRD anggarannya ada atau tidak, akan lebih efektif atau tidak. Tapi secara prinsip, pusat memberikan kewenangan kepada daerah untuk mengelola tata kelola pemerintahannya. Yang penting efektif dan efisien,” jelas Tjahjo.

Tjahjo enggan mengomentari apakah TGUPP versi Anies terlalu gemuk atau tidak. Menurut Tjahjo, usulan Anies mesti dihormati.

“Saya menunggu keputusan bersama dengan DPRD dulu. Itu kan baru pengajuan Pak Gubernur, sah-sah saja namanya mengajukan,” katanya.

Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebelumnya mengajukan anggaran sebesar Rp 28 miliar pada RAPBD DKI 2018.

Anies malah menuding menuding dana untuk TGUPP pada pemerintahan sebelumnya (Ahok) dibiayai oleh pihak swasta.

“Sekarang anda cek aja di berita terdahulu, dibiayai oleh siapa? Anda bandingkan saja. Lebih baik anda bandingkan dan lihat dulu dibiayai dengan siapa sekarang. Dan sekarang kita menggunakan dana dari APBD yang pertanggungjawabannya sangat jelas,” kata Anies saat ditemui awak media di Balai Kota Jakarta, Selasa (21/11) pagi.

Iklan

Diskusi

One thought on “Mendagri Beri Sinyal Akan Revisi Anggaran TGUPP Anies Rp 28 M

  1. Tambah biaya u lunasi janji kampanye ? ..

    Posted by Wella De Lekhen | November 22, 2017, 10:21 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: