Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Tak Beres Susun APBD, Sandi Tuding Rezim Ahok-Djarot yang Masukin

Sandiaga Uno menyalahkan Ahok-Djarot soal APBD DKI

Sandiaga Uno menyalahkan Ahok-Djarot soal APBD DKI. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Anies Baswedan dan Sandiaga Uno kini mendapat kritikan tajam soal anggaran di APBD 2018 sebesar Rp 77,1 triliun. Salah satu anggaran yang disoroti adalah anggaran untuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) sebesar Rp 28 miliar.

Anggaran lain yang disoroti adalah dana hibah Rp 1 miliar untuk Komando Resimen Mahasiswa dan Rp 500 untuk organisasi Laskar Merah Putih.

Ada pula anggaran rehabilitasi kolam air mancur DPRD DKI Jakarta Rp 620 juta. Anggaran lain yang disoroti adalah kenaikan anggaran Sekretariat Dewan dari Rp 126 miliar (dalam RKPD 2018) menjadi Rp 346 miliar (dalam R-APBD 2018).

Setelah Anies memfitnah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membiayai anggota TGUPP dari pihak swasta, kini sang wakilnya, Sandi melakukan hal serupa untuk menutupi kebobrokan mereka menyusun anggaran.

Sandi mengatakan, proses penyusunan anggaran 2018 dimulai era Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, yakni rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD.

Saat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjabat, penyusunan anggaran memasuki tahap penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

Sandi mengaku kembali menyisir anggaran yang dimulai Ahok-Djarot itu saat dirinya menjabat.

“Ini kan rezimnya Pak Ahok-Djarot yang masukin (anggaran) kemarin. Jadi, sudah tersisir sebelumnya. Saya sisir lagi kemarin,” ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (24/11/2017), dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Padahal pada Minggu (5/11/2017), Anies sendiri sebelumnya menyatakan telah selesai merevisi KUA-PPAS APBD 2018 hingga pukul 03.00 WIB.

“Sudah selesai. Tapi kemudian sudah selesai dengan jajaran terkait, sekarang di internal Bappeda,” ujar Anies usai acara peresmian pemugaran Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri, Jl Raya Cilincing, Jakarta Utara, dilansir Detikcom.

Anies menceritakan bahwa KUA-PPAS dikerjakan sejak semalam dan baru selesai pukul 03.00 WIB pagi tadi. Anies bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta telah meninjau dan melakukan perbaikan KUA-PPAS yang sebelumnya dikembalikan oleh DPRD DKI Jakarta.

“Tadi malam dikerjakan sampai jam 3 pagi. Itu disisir semuanya, dan sekarang mereka masih kerja di Bappeda,” papar Anies.

Pernyataan Sandi yang berbeda dengan Anies, seolah mengisyaratkan keduanya panik tak menyangka mendapat kritikan tajam dari masyarakat soal penyusunan anggaran. Salah satu cara melakukan pembelaan adalah melempar kesalahan ke pihak lain sebagai kambing hitam.

Iklan

Diskusi

One thought on “Tak Beres Susun APBD, Sandi Tuding Rezim Ahok-Djarot yang Masukin

  1. Mulai dech ABS

    Posted by Desfortin | November 24, 2017, 8:21 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: