//
Anda membaca...
Bisnis

Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2017 Versi Forbes

Robert Budi dan Michael Hartono

Robert Budi dan Michael Hartono. (Forbes)

Anekainfounik.net. Forbes baru-baru ini merilis daftar orang terkaya di dunia untuk tahun 2017. Selama sembilan tahun berturut-turut, Hartono Bersaudara, yakni Robert Budi dan Michael Hartono menempati posisi teratas dengan jumlah kekayaan mencapai 32,3 miliar dollar AS.

Dengan demikian, sudah 9 tahun mereka dinobatkan sebagai orang terkaya di Tanah Air. Kekayaan Hartono bersaudara melonjak menjadi 32,3 miliar dollar AS dari sebelumnya 17,1 miliar dollar AS. Peningkatan ini disebabkan kenaikan harga saham PT Bank Central Asia Tbk sebesar hampir 50 persen.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar saham emiten berkode BBCA tersebut dikuasai keluarga Hartono. Keluarga Hartono juga merupakan pemilik perusahaan rokok PT Djarum.

“Selama berpuluh-puluh tahun, pabrik rokok kretek Djarum merupakan sumber kekayaan keluarga Hartono, namun mereka dengan cerdas melebarkan sayap ke berbagai bidang lain, termasuk bidang perbankan dengan membeli saham BCA pada saat krisis keuangan Asia 1997-1998,” tulis Forbes dalam keterangan resminya, Jumat (1/12/2017), seperti dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Tahun ini, keluarga Hartono meningkatkan jumlah kepemilikan saham mereka di BCA sebanyak 8 persen dari 47 persen menjadi 55 persen. Merambah bidang teknologi, mereka pun mengucurkan dana bagi perusahaan perangkat game Singapura Razer, yang baru-baru ini melantai di Bursa Efek Hong Kong.

Konglomerat minyak kelapa sawit Eka Tjipta Widjaja berada di posisi 2 dalam daftar orang terkaya di Indonesia, dengan jumlah kekayaan menanjak menjadi 9,1 miliar dollar AS. Angka itu naik 3,5 miliar dollar AS dibanding tahun lalu.

Adapun pemilik pabrik rokok PT Gudang Garam Tbk Susilo Wonowidjojo berada di posisi 3. Kekayaannya meningkat dari 7,1 miliar dollar AS pada tahun 2016 menjadi 8,8 miliar dollar AS pada tahun ini.

Harta kekayaan sembilan dari 10 orang paling kaya di Indonesia naik setidaknya 10 persen sepanjang tahun lalu. Ini sebagian berkat kenaikan harga saham mereka.

Secara umum, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia pun tumbuh 17 persen sepanjang periode tersebut. Total kekayaan 50 orang terkaya Indonesia kini mencapai 126 miliar dollar AS, naik dari 99 miliar dollar AS pada tahun lalu.

Faktor lain yang mendorong peningkatan valuasi para konglomerat adalah terkuaknya jumlah kekayaan mereka setelah ikut serta dalam program amnesti pajak tahun lalu.

Amnesti pajak memberi kesempatan bagi para taipan dalam negeri untuk mengakui aset mereka yang selama ini disembunyikan dengan membayar denda dalam jumlah relatif kecil.

Hal tersebut menghantarkan posisi Presiden Komisioner Mayora Group Jogi Hendra Atmadja meroket 25 peringkat ke posisi nomor 10 dengan jumlah kekayaan 2,7 miliar dollar AS. Tahun lalu, kekayaan Jogi tercatat sebesar 850 juta dollar AS.

Berikut ini adalah 10 orang terkaya di Indonesia tahun ini versi Forbes.

1. Robert Budi dan Michael Hartono (Djarum, 32,3 miliar dollar AS)

2. Eka Tjipta Widjaja (Sinarmas Group, 9,1 miliar dollar AS)

3. Susilo Wonowidjojo (Gudang Garam, 8,8 miliar dolalr AS)

4. Anthoni Salim (Indofood, 6,9 miliar dollar AS)

5. Sri Prakash Lohia (Indorama, 6,4 miliar dollar AS)

6. Boenjamin Setiawan (Kalbe Farma, 3,65 miliar dollar AS)

7. Chairul Tanjung (CT Corp, 3,6 miliar dollar AS)

8. Tahir (Mayapada Group, 3,5 miliar dollar AS)

9. Mochtar Riady (Lippo Group, 3 miliar dollar AS)

10. Jogi Hendra Atmadja (Mayora Group, 2,7 miliar dollar AS)

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: