//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Pengacara: Cuitan Hate Speech Tak Dibuat Ahmad Dhani Tapi Admin

Musisi Ahmad Dhani

Musisi Ahmad Dhani. (Kumparan.com)

Anekainfounik.net. Ada tiga cuitan Ahmad Dhani diduga berisi ujaran kebencian yang dilaporkan ke polisi. Namun, kini pengakuan musisi tersebut berubah soal cuitan tersebut.

Dari tiga cuitan tersebut, Dhani mengaku hanya membuat satu cuitan di akun @AHMADDHANIPRAST. Sementara dua cuitan lainnya diakui dibuat oleh admin Twitter Dhani.

“Jadi gini, ini masalah dia ditanya tentang tiga cuitan itu apakah ini cuitan Dhani. Dhani bilang kalau dua (cuitan) bukan saya (Dhani, red), yang dua ini admin yang buat tanpa sepengetahuan saya,” kata pengacara Dhani, Hendarsam Marantoko, di Polres Jakarta Selatan, Jalan Wijaya 2, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2017), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Dia mengatakan, ada tiga orang admin yang bekerja. Tak hanya mengelola akun Dhani, ketiga admin tersebut juga memegang akun artis-artis Republik Cinta Management.

Meski demikian, Hendarsam mengakui, tak ada aturan main antara Dhani dan ketiga admin tersebut dalam mengelola akun medsos.

“Nggak ada (aturan main),” ujar dia.

Atas kasus yang menjerat Dhani ini, Hendarsam mengatakan jadi meminta admin untuk lebih berhati-hati menyatakan pendapatnya. Hal begitu juga jadi peringatan untuk Dhani.

“Ini jadi pengalaman ke Ahmad Dhani untuk berhati-hati untuk mengutarakan pendapatnya. Pendapat pribadi mengunakan media sosial milik Dhani. Admin punya kewenangan tersendiri untuk mengurus akun. Ini jadi pengalaman bahwa admin mesti hati-hati nyatakan pendapatnya gunakan akun Ahmad Dhani,” tututnya.

Tiga cuitan Dhani (semuanya terdapat tulisan ADP_ lewat akun @AHMADDHANIPRAST yang dilaporkan ialah:

7 Februari 2017: Yg menistakan Agama si Ahok… yg di adili KH Ma,ruf Amin…ADP

6 Maret 2017: Siapa saja yg dukung Penista Agama adalah Bajingan yg perlu di ludahi muka nya – ADP

7 Maret 2017: Sila pertama KETUHANAN YME, PENISTA Agama jadi Gubernur…kalian WARAS??? – ADP

Ahmad Dhani dilaporkan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat (BTP Network) gara-gara cuitan sarkastis di akun Twitter-nya. Satu cuitan yang diakui dibuat oleh Dhani ialah soal kewajiban meludahi muka pendukung penista agama.

Hendarsam mengatakan cuitan tersebut tak menyinggung soal Ahok. Sementara, tak demikian dengan dua cuitan lainnya.

“Ada (penekanan ditujukan untuk Ahok) dan diakui (dua cuitan admin). Kalau yang satu itu tidak ada. Dhani menyatakan pencinta pengagum semua agama,” tuturnya.

Sementara, pelapor Dhani, Jack Lapian, menyebut pembelaan pengacara Dhani sah-sah saja untuk disampaikan.

“Jadi terkait cuit Ahmad Dhani, orang membela diri kan sah-sah saja. Jadi Ahmad Dhani mau bilang apa saja sah-sah saja. Terkait cuit itu dibuat adminnya, saya serahkan kepada penyidik. Alasan penyidik menetapkan tersangka kan karena ada bukti kuat,” ungkapnya, Jumat.

Menurutnya, pernyataan jika dua cuitan tersebut dibuat oleh admin justru memunculkan tersangka baru. Jack meminta Dhani menghadapi masalah tersebut.

“AD face the problem! Jadilah pria jantan dan beradab di medsos. Kalau dibilang admin yang menuliskan itu ya sama saja dia membuat admin itu sebagai tersangka baru,” kata dia.

Ahmad Dhani ditetapkan sebagai tersangka pada 23 November dalam kasus ujaran kebencian melalui media sosial. Polisi mengaku telah mengantongi bukti kuat dalam penetapan status Dhani. Surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) kasus Ahmad Dhani juga sudah dikirim ke kejaksaan.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: