//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Profil KSAU Marsekal Hadi, Calon Tunggal Panglima TNI Pilihan Jokowi

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, calon tunggal Panglima TNI

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, calon tunggal Panglima TNI. (Twitter @_TNIAU)

Anekainfounik.net. Presiden Joko Widodo memilih Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang akan pensiun pada Maret 2018.

Nama Hadi sudah diserahkan Mensesneg Pratikno kepada DPR untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan.

“Saya menerima Mensesneg Pratikno, yang menyampaikan surat dari Presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Pergantian kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru. Hanya satu nama (tunggal) yang tadi disampaikan,” ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon setelah menerima Pratikno di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2017).

Pimpinan DPR, menurut Fadli, akan langsung menggelar rapat bersama pimpinan fraksi. Rapat Badan Musyawarah akan digelar siang nanti.

“Surat saya terima dan juga diserahkan langsung kepada Plt Sekjen DPR Ibu Damayanti untuk segera diproses. Hari ini kita rapim nanti siang rencananya dan Bamus karena ada beberapa agenda juga,” jelas Fadli.

Lahir di Malang, 8 November 1963 silam , Hadi dilantik sebagai KSAU pada 18 Januari 2017. Hadi menempuh pendidikan militer di Akademi Angkatan Udara pada 1986 dan Sekolah Penerbang TNI-Angkatan Udara pada 1987.

Dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com, Hadi memulai kariernya sebagai pilot TNI Angkatan Udara di Skuadron 4 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Ia banyak menghabiskan waktunya di Skuadron 4 Malang hingga menjabat Komandan Flight Ops A Flightlat Skuadron Udara 32 Wing 2. Hadi kemudian menjabat Komandan Lanud Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah pada 2010-2011.

Suami Nanik Istumawati itu meraih bintang pada 2011 saat menjabat Direktur Operasi dan Latihan Basarnas (Dirops dan Lat Basarnas).

Pada tahun 2013-2015, ia diberi tugas sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara. Namanya pun kian dikenal oleh publik.

Dua tahun kemudian, yakni 2015, bapak dua anak itu dipercaya menjadi Komandan Lanud Abdulrachman Saleh. Tak sampai setahun menjadi Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Hadi didapuk sebagai Sekretaris Militer Presiden.

Belum genap setahun menjabat Sesmil Presiden, Hadi dipromosikan menjadi Irjen Kementerian Pertahanan. Ayah dari Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama ini pun menyandang bintang tiga di pundak, yakni marsekal madya.

Sejak Jokowi menjadi presiden, karier Hadi meroket menyalip seniornya. Seperti Tito Karnavian yang menjadi Kapolri, Hadi seperti dipersiapkan Jokowi menjadi pimpinan TNI. Dalam waktu tiga tahun, Hadi tercatat dua kali mendapat promosi. Pada Rabu, 18 Januari 2017, Hadi dilantik menjadi KSAU dengan 4 bintang di pundak dan pangkat marsekal. Nama Hadi semakin terkenal setelah membongkar kasus korupsi di Kementerian Pertahanan terkait pengadaan helikopter Agusta Westland AW101 pada akhir 2018 hingga awal 2017 yang lalu.

Cepat menangkap Kode dari Jokowi

Hadi Tjahjanto cepat menangkap sejumlah kode dari Presiden Jokowi. Pada Jumat, 10 November 2017, saat peresmian pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia misalnya. Ada anak SD yang lemas dan muntah. Dengan sigap, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto langsung membantu anak tersebut.

Pada acara peresmian yang digelar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, itu anak-anak SD berdiri di dekat pesawat yang akan diberi nama. Puluhan anak yang masih kecil-kecil itu ikut memeriahkan prosesi peresmian pesawat yang diberi nama ‘Nurtanio’.

Begitu acara peresmian dimulai, Presiden Jokowi langsung memberikan sambutan. Saat Jokowi hendak menutup sambutan, tiba-tiba seorang anak SD perempuan yang ada di barisan depan muntah.

Tampaknya Presiden Jokowi melihatnya. Dia langsung memberi kode kepada ajudannya dengan menunjuk-nunjuk anak tersebut.

Adalah KSAU yang langsung mengerti kode dari Jokowi. Dari barisan paling belakang, Hadi langsung berlari kecil dan menggendong anak itu. Hadi kemudian membawanya ke bagian belakang.

“Takut keburu jatuh, kasihan,” ujar Hadi, dilansir dari Detikcom.

Saat dimintai konfirmasi bahwa dialah yang paling sigap dan langsung mengerti kode Jokowi, Hadi punya jawaban sendiri. Ia menyatakan sudah biasa membaca gerakan Jokowi.

Harta kekayaan

Dicek dari aplikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Senin (4/12/2017), Hadi tercatat memiliki harta kekayaan dengan jumlah total Rp 5 miliar dan USD 60 ribu. Ia tercatat terakhir melaporkannya pada 24 Juni 2016. Saat itu Hadi menjabat Sekretaris Militer Presiden.

Tercatat total hartanya Rp 5.001.683.500 dan USD 60 ribu. Dia memiliki dua bidang tanah di Malang, Jawa Timur, serta rumah di Jakarta Selatan, dengan total nilainya Rp 594.108.500.

Selain itu, Hadi memiliki tiga mobil, yaitu dua Kijang Innova serta Honda CR-V dan satu motor. Dia juga memiliki simpanan logam mulia dan giro.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: