Iklan
//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Tolak Perayaan Natal di Monas, PGI Duga Anies Politisasi Agama

Anies Baswedan berpidato di atas mimbar Balai Kota DKI Jakarta

Anies Baswedan berpidato di atas mimbar Balai Kota DKI Jakarta. (Kompas)

Anekainfounik.net. Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) menduga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno melakukan politisasi dan instrumentalisasi agama di balik niatan perayaan natal di Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

“Kami mengingatkan adanya potensi politisasi dan instrumentalisasi agama, termasuk di dalamnya mempolitisasi hari raya keagamaan Natal untuk kepentingan politik tertentu, yang dilakukan oleh warga gereja sendiri maupun oleh pihak-pihak lain,” ujar Ketua Humas PGI Jeirry Sumampow, Jumat (15/12), dilansir anekainfounik.net dari CNN Indonesia.

PGI mengimbau umat Kristiani merayakan natal secara damai, tertib, dan sederhana. Perayaan natal harus berdasarkan nilai-nilai kasih dan perdamaian Kristiani.

Umat Kristen diminta merespons segala hal dengan tenang, matang, dan rasional –mengingat semakin memanasnya dinamika politik akibat Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

“Kami mengharapkan agar perayaan-perayaan Natal yang akan dilakukan memang lahir dari kejernihan dan ketulusan hati serta tetap mengutamakan prinsip dan nilai-nilai kristiani, yaitu kasih dan perdamaian,” tulis PGI.

Sementara PGI Wilayah DKI Jakarta tak sepakat jika acara Natal bersama dilaksanakan di kawasan Monas. Kepala Humas PGI, Jeirry Sumampow mengatakan, PGI Wilayah (PGIW) DKI Jakarta telah melaporkan keikutsertaannya dalam tiga kali rapat Natal bersama yang digelar Pemprov DKI Jakarta.

“PGI Wilayah ikut sampai rapat ketiga tanggal 11 (Desember 2017), tapi memang dari rapat yang satu ke yang lain itu berubah-ubah terus, sempat disepakati acara digelar indoor tapi akhirnya berubah lagi, kami tidak setuju perayaan digelar di Monas,” ujar Jeirry, Sabtu (16/12/2017), dilansir Kompas.com.

Ia melanjutkan, ketidaksepakatan inilah yang membuat pihaknya berencana menggelar perayaan Natal di gereja masing-masing dan tak turut serta dalam perayaan Natal bersama di Monas pada Januari 2018 mendatang.

“Perubahan kesepakatan ini yang membuat PGI bertanya-tanya ini apa sih motifnya sehingga harus dipaksakan di Monas perayaannya,” tuturnya.

Menurut Jeirry, besarnya biaya yang harus dikeluarkan menjadi salah satu pertimbangan PGI tak menyetujui Natal bersama digelar di Monas meski Pemprov DKI menjanjikan pembiayaannya.

“Acara begitu cenderung boros dan tidak akan efektif tentunya. Lalu ini juga enggak terlalu sesuai dengan spirit kita untuk gereja merayakan natal. Kita kan mendorong gereja itu merayakan natal dengan sederhana, simpel aja,” ujarnya.

Meski PGI menolak, pembahasan acara Natal bersama tetap dilanjutkan. Sejumlah perwakilan pemuka agama kristiani DKI Jakarta menyambangi Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/12/2017). Tampak adik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Hashim Sujono Djojohadikusumo turut serta dalam rombongan tersebut.

“Iya. Ini (bahas) natal bersama di Monas,” ujar Hashim saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis.

Hashim mengatakan, dalam pembahasan tersebut perwakilan umat Kristiani DKI Jakarta tersebut ditemui oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. “Pak Sandi menemui kami mewakili Pak Gubernur,” kata dia.

Ia mengatakan, dalam pertemuan ini pihaknya dan Pemprov DKI melakukan pembahasan mengenai susunan panitia penyelenggara, tanggal dilaksanakannya acara dan konsep acara tersebut.

Meski ditolak PGI, Anies bersikeras perayaan Natal oleh Pemprov DKI harus digelar demi kebaikan semua umat Kristiani.

“Kami akan pelajari dengan seksama supaya untuk kebaikan semuanya dan nanti kita sama-sama duduk untuk merajut supaya ikhtiar merayakan itu adalah benar-benar untuk membuat suasana yang reflektif bagi kita semua,” kata Anies, dilansir Kompas.com.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
Iklan
%d blogger menyukai ini: