//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Gara-gara Tak Berikan Hibah, Ahok Tak Digelari “Abang Betawi” Seperti Anies-Sandi

Pemberian gelar Abang dan Mpok untuk Anies-Sandi dan istri

Pemberian gelar Abang dan Mpok untuk Anies-Sandi dan istri. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Ketua Badan Musyawarah atau Bamus Betawi memberikan gelar “Abang Betawi” kepada Gubernur DKI Jakarta dan wakilnya, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Ini merupakan gelar pertama untuk Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya gelar tersebut hanya diberikan kepada gubernur saja oleh lembaga masyarakat adat yang mengklaim diri sebagai penyalur aspirasi warga Betawi.

“Ini pertama kalinya kami berikan gelar ini kepada gubernur dan wakil gubernur sekaligus, biasanya hanya kepada para gubernur. Pak Ahok (mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama) tidak sempat kami berikan (gelar),” kata Ketua Bamus Betawi, Zainudin alias Oding di Perkampungan Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12/2017) malam, dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Gelar tersebut sebelumnya pernah diberikan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, Tjokropranolo, dan Joko Widodo.

“Jadi, Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) ini keempat kalinya kami berikan gelar (abang) ini. Saat kami berikan gelar ini ke Pak Jokowi, banyak yang sebut, ini ‘Joko’-nya Betawi,” ujarnya.

Gelar ini diberikan juga kepada Sandiaga karena Bamus Betawi menilai dedikasi pria kelahiran Rumbai itu dan keluarganya yang cukup besar terhadap kebudayaan Betawi.

“Sebelum ini, kami banyak melakukan kerja sama, malah mertuanya Pak Sandi juga orang Betawi dan bersama-sama kami memperjuangkan Betawi. Jadi, kriteria itu jatuh kepada dia,” kata Oding.

Tidak hanya Anies-Sandiaga, Bamus Betawi juga memberi gelar “mpok” kepada istri Anies, Fery Farhati Ganis, dan istri Sandiaga, Nur Asia Uno.

Oding tak menjelaskan secara spesifik alasan tak memberikan gelar tersebut kepada Ahok. Namun, Bamus Betawi dulu pernah berseteru dengan Ahok.

Ahok mengancam tidak memberikan dana hibah untuk organisasi ini. Ahok menilai, selama ini Bamus Betawi sudah bersikap politis.

Meski demikian, beberapa waktu lalu, Oding mengatakan, masalah itu sudah selesai dan kini hubungan keduanya sudah baik. Bamus Betawi pun masih diberikan dana hibah hingga saat ini.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: