//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Begini Curhat Jokowi soal Anak-anaknya yang Tak Meneruskan Usaha Meubel

Foto Jokowi mengurusi usaha mebelnya tempo dulu

Foto Jokowi mengurusi usaha mebelnya tempo dulu. (Facebook/Jokowi)

Anekainfounik.net. Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menuturkan bagaimana dirinya menjadi pengusaha meubel selama puluhan tahun. Dia mengaku tahu rumitnya untuk mengurus perizinan usaha.

“Saya sudah 27 tahun jadi pengusaha meubel. Usaha saya sampai sekarang masih berjaulan. Perusahaan saya mengekspor meubel ke Eropa, Amerika, lalu sekarang banyak juga ke Korea dan Jepang. Jadi saya tahu betul seluk-beluk berusaha,” sebut dia dalam akun Facebook resminya, Senin (18/12/2017) malam, dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

“Seperti yang saya ceritakan dalam acara Entrepreneurs Wanted! di Bandung siang tadi, saya tahu betul bagaimana susahnya cari modal usaha di awal-awal, kemudian keliling-keliling mencari pembeli, mengurus perizinan yang rumit, mengisi SPT pajak, mengurus karyawan, pegawai, dan mengurusi alat-alat produksi,” tambah dia.

Dalam tulisannyam Jokowi juga mengungapkan dirinya sedih karena tiga anak tidak ada yang meneruskan usaha yang dibangunnya. “Kurang apa? Pabriknya ada, alat-alat produksinya ada, karyawannya ada,” sebutnya.

Dia mengatakan, sempat shock saat anak sulungnya, Gibrab Rakabuming Raka yang memberitahu dirinya akan berjualan martabak.

“Dalam hati saya, ‘Waduh, jualan martabak. Tapi kemudian apa yang terjadi? Saya terkejut, hanya dalam rentang waktu lima tahun saja brand value pabrik kayu yang saya bangun ternyata sudah kalah jauh dari brand value martabak milik Gibran. Merek usaha martabak Gibran nilainya lima kali lipat dari merek pabrik kayu saya,” papar Jokowi.

Rupanya lanjut Presiden, brand value tersebut yang membedakan antara generasi tua dengan generasi muda saat ini.

“Generasi dahulu seperti saya lebih bangga jika memiliki aset besar, karyawan banyak, dan ekspor besar. Saat ini ada hal yang lebih besar nilainya yakni brand value. Itulah sebabnya saya tidak kaget lagi ketika tiga bulan lalu, anak bungsu saya Kaesang, juga datang dan menyampaikan, ‘Pak, saya mau jualan pisang goreng’. Ya sudah,” tutur Joko Widodo

Hingga jam 12.16 WIB siang ini, Selasa (19/12/2017), curahan hati Jokowi mengenai usaha meubelnya sudah dibagikan oleh lebih dari 17.000 orang, di-Like oleh lebih dari 150.000 orang dan dikomentari 11.000-an orang.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: