//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Diminta Gaji TGUPP dari Dana Operasional, Anies Sebut Kemendagri Pilih Kasih

Anies Baswedan saat berada di Ancol

Anies Baswedan saat berada di Ancol. (Kompas)

Anekainfounik.net. Kementerian Dalam Negeri merekomendasikan gaji Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang ada semula ada di APBD DKI 2018 dianggarkan dari dana operasional Gubernur DKI Anies Baswedan.

Namun, Anies menyikapi hal ini dengan lain. Ia malah menyebut Kemendagri telah mencoret nomenklatur TGUPP. Anies mempertanyakan keputusan Kemendagri.

“Memang ada keanehan di sini, yang dicoret bukan dananya, TGUPP-nya. Jadi aneh,” kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

Anies mempertanyakan alasan nomenklatur tim gubernur dicoret saat dia memimpin Pemprov DKI Jakarta. Ia pun menyebut Kemendagri pilih kasih karena saat Presiden Joko Widodo menjabat Gubernur DKI Jakarta, begitu pula saat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Kemendagri menyetujui keberadaan tim tersebut.

“Bayangkan, sebuah institusi yang sudah berjalan beberapa tahun di era Pak Jokowi, di era Pak Basuki, di era Pak Djarot, mendadak di era kami tidak boleh. Kami sedang mencoba mengerti, ada apa ini dengan Kemendagri?” sesal Anies.

Anies melanjutkan pencoretan TGUPP dari APBD 2018 diketahuinya hari ini.

“Ini sekali lagi bukan soal dana, ini lembaganya. Lain kalau kita bicara soal sumber dananya, kita berbicara tentang jumlah personalianya. Ini institusinya,” kata Anies.

Anies mengatakan, apa yang dilakukan Kemendagri akan menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk melihat konsistensi kementerian tersebut.

“Jadi bagi kami, sesuatu yang akan kami pelajari dan silakan rakyat menilai konsistensi dari Kemendagri terhadap Pemprov DKI. Kenapa ketika tiga gubernur sebelumnya diizinkan jalan, ketika gubernur yang keempat mau melakukan hal yang sama, mendadak tidak ada lagi,” papar Anies.

Anies melanjutkan ada berbagai pertimbangan Kemendagri sehingga nomenklatur tim gubernur dicoret. Namun dia tidak menjelaskannya secara rinci. Anies pun membawa pulang lampiran dari Kemendagri.

“TGUPP-nya dianggap salah. Dianggap salah tempat, salah macam-macam. Saya coba, saya bawa pulang tuh dokumennya,” terang Anies.

Mantan Mendikbud itu menuturkan besok akan ada pertemuan dengan pihak Kemendagri untuk membicarakan hal tersebut.
“Besok akan ada pertemuan antara Kemendagri dengan Pemprov. Kita lihat hasil pertemuannya,” ujar Anies.

Sebelumnya diberitakan, pelaksana tugas Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin mengatakan hasil evaluasi APBD DKI 2018 akan segera rampung. Kemendagri merekomendasikan gaji TGUPP dianggarkan dari dana operasional Gubernur DKI.

Syarifuddin juga menyarankan, bila Anies membutuhkan tenaga ahli, gaji tenaga ahli tersebut dapat dianggarkan melalui SKPD terkait. Selain itu, Kemendagri meminta Anies mengurangi anggota TGUPP.

Kemendagri telah mengajukan APBD DKI ke Mendagri Tjahjo Kumolo. Namun belum bisa dipastikan kapan rekomendasi tersebut diberikan kembali kepada Pemprov DKI.

Anies enggan menjawab akibat yang ditimbulkan dari penghapusan TGUPP untuk membantu program kerja Anies dalam lima tahun ke depan. Tim Pemprov DKI akan menemui tim dari Kemendagri untuk me-review APBD tersebut.

“Lihat nanti dulu. Sejauh ini kan baru tahu itu. Besok akan ada pertemuan antara Kemendagri dan Pemprov. Kalau yang ini kan ada sebuah badan yang berjalan dan mendadak enggak bisa (dihapus),” ujar Anies.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin sebelumnya mengatakan pihaknya merekomendasikan gaji tim gubernur dialokasikan dari dana operasional Gubernur DKI Jakarta. Kemendagri meminta anggaran tim gubernur tidak dibebankan secara khusus dalam APBD DKI Jakarta 2018.

“Kalau seandainya itu masih tetap dalam satu tim, itu posnya, maka itu harusnya menggunakan belanja penunjang operasionalnya. Biaya penunjang operasional kepala daerah. Jangan membebani APBD secara khusus,” terang Syarifuddin saat dihubungi siang tadi.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: