//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ustaz Somad Ditolak Hong Kong, Pengacara Tuding Ada Pesanan dari RI

Ustaz Somad ditolak masuk ke Hong Kong

Ustaz Somad ditolak masuk ke Hong Kong. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Ustaz Somad ditolak masuk ke Hong Kong sesaat setelah tiba di bandara internasional. Dia menjelaskan hal itu melalui fanpage Facebook-nya.

“Mereka jelaskan bahwa negara mereka tidak dapat menerima saya. Itu saja, tanpa alasan. Mereka langsung mengantar saya ke pesawat yang sama untuk keberangkatan pukul 16.00 WIB ke Jakarta,” kata ustaz Somad.

Pengacara Somad, Kapitra Ampera, melakukan beberapa manuver atas penolakan kliennya tersebut. Ia meminta klarifikasi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk mengetahui hal yang sebenarnya terjadi. Ia bahkan menduga ada order dari pemerintahan Indonesia ke China

“Hal ini penting kami lakukan untuk mengetahui apakah upaya yang dilakukan Hong Kong itu adalah atas permintaan pemerintah Indonesia atau pemerintah China,” imbuh Kapitra melalui keterangannya, Minggu (24/12/2017), seperti dilansir anekainfounik.net dari detikcom.

Tak puas disitu, Kapitra meminta polisi untuk turun tangan mengusut persoalan ustaz Somad yang ‘dideportasi’ dari Hong Kong. Menurut Kapitra, pengusutan perlu dilakukan terkait dugaan adanya laporan fitnah terkait hal itu.

“Kami minta kepada aparat kepolisian agar melakukan investigasi apakah ada by order dari orang-orang tertentu yang memberikan laporan fitnah (hoax) kepada imigrasi Hong Kong,” ujar Kapitra.

Kapitra juga mengaku akan melaporkan kejadian itu ke DPR. Dia meminta agar pemerintah Indonesia serius melindungi warganya yang berkunjung ke luar negeri.

“Kami akan melaporkan hal ini kepada DPR dan instansi lainnya agar pemerintah Indonesia serius melindungi warganya yang melakukan kunjungan ke luar negeri,” kata Kapitra.

Penolakan Itu Hak Suatu Negara

Humas Imigrasi Agung Sampurna menegaskan pihaknya tidak bisa meminta imigrasi Hong Kong untuk menolak WNI yang hendak datang ke negara tersebut.

“Tidak ada soal by order, tidak boleh ada order suatu negara ke imigrasi, silakan buktikan sendiri,” ujar Agung, Minggu.

Menurut Agung, Imigrasi Indonesia tidak memiliki hubungan data dengan imigrasi negara lain. Penolakan WNA merupakan hak imigrasi masing-masing negara.

“Indonesia juga pernah melakukan hal yang sama menolak 1.700an WNA tanpa memberi tahu alasannya,” sebutnya.

Namun ada jalur diplomatik yang dapat ditempuh WNA tersebut jika ingin mengklarifikasi penolakannya. Terkait kasus Ustad, Agung mengatakan jika yang bersangkutan dapat mengadu ke Kedutaan Besar China yang ada di Jakarta, atau ke Kementerian Luar Negeri untuk menanyakan ke Konsulat Jenderal RI yang ada di Hong Kong.

“Kalau dia mau mengklarifikasi silakan mengadu ke kedutaan China yang ada di Jakarta, atau melalui Kemenlu ke KJRI yang ada di Hongkong untuk meminta klarifikasi,” ucapnya.

Menurut pakar hukum internasional, Prof Hikmahanto Juwana, hal itu sah-sah saja dilakukan sebuah negara. Sebab sebuah negara memiliki kedaulatan untuk menolak kedatangan warga negara asing.

“Sebenarnya setiap negara bisa menentukan yang boleh dan tidak boleh masuk ke suatu negara,” kata Hikmahanto, Minggu.

Yang menjadi pertanyaan, apakah ustaz Somad masuk dalam daftar blacklist sehingga tidak diperbolehkan masuk. Konjen RI di Hong Kong bisa mengecek hal tersebut. Kasus serupa juga kerap terjadi dan Ustaz Somad bukan yang pertama.

“Betul,” kata Prof Hik membenarkan bila menolak kedatangan WNA tergantung ke masing-masing negara.

Menurut guru besar Universitas Indonesia (UI) itu, Indonesia pernah melakukan hal yang sama kepada WN Amerika Serikat, Jeffrey Winters. Dalam kondisi demikian, maka hal tersebut tidak bisa digugat ke mana pun.

“Iya, tidak bisa. Apalagi kalau Indonesia yang memaksa itu berarti intervensi urusan dalam negeri dari suatu negara. Indonesia pun tidak akan mau kalau ada intervensi seperti itu,” ujar Hikmahanto menegaskan.

Hal yang sama juga dinyatakan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal.

“Sebenarnya keputusan untuk menolak atau mengizinkan orang asing masuk ke suatu negara adalah hak berdaulat negara tersebut. Secara hukum tak ada kewajiban negara tersebut untuk menjelaskan alasannya,” kata Iqbal, Minggu, seperti dilansir dari viva.co.id.

Iklan

Diskusi

Satu respons untuk “Ustaz Somad Ditolak Hong Kong, Pengacara Tuding Ada Pesanan dari RI

  1. 1. itu artinya dakwah ustad kita sukses, terbukti yg mungkar gelisah
    2. Itu bukti nonmuslim tidak akan pernah menerima keberadaan islam sesuai isi alquran.
    3. Klo memang ini urusan usir mengusir, tolak aja juga wna asal hongkong, dan deportasi yg ada. Ini bukan masalah ustd somad nya, ada apa warga negara terhormat ditolak, klo begitu wna yg tidak punya kapasitas juga tdk ada kewajiban NKRI menerima nya. Ini masalah harga diri Bangsa.
    4. Disini kita lihat sejauh mana Negara hadir untuk warga negara nya. Klo Pejabat negara tdk hadir gampang, ada 2019 kedaulatan rakyat pilih pengelola negara.
    5. Dari kasus ini kita bisa lihat 1org ustad yg konsisten dlm amar makruf nahimungmar sudah mampu buat komunis liberal dll kalang kabut. Jadi cetak banyak2 Pendakwah macam itu
    6. Itulah Negara, samapai hal yg tampak sepele jika dianggap akan menjadi potensi bahaya langsung ambil tindakan. Jadi klo ada isu invasi komunis pemerintah tenang2 aja dan jendral yg perduli dicopot, kita tau dimana kaki pemimpin negara ini berada, dan rakyat harus tau apa yg harus dilakukan 2019

    Posted by LePeKeP.News | Desember 25, 2017, 5:00 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: