//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Sandi Ubah Sebutan PKL Jadi PKM (Pengusaha Kecil Mandiri)

Sandiaga Uno mengunjungi PKL di Jalan Jatibaru

Sandiaga Uno mengunjungi PKL di Jalan Jatibaru. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan mulai hari ini istilah pedagang kaki lima (PKL) di Ibu Kota tak berlaku lagi. Sebutan PKL akan diganti dengan PKM alias pengusaha kecil mandiri.

“Mulai hari ini, kami khususnya untuk di Tanah Abang dan di tempat lain mulai menggunakan terminologi baru. Bukan PKL, tapi PKM, yaitu pengusaha kecil mandiri,” kata Sandiaga saat jumpa pers di Jakarta Smart City, Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2017), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Menurutnya, sebutan PKL tidak pantas lagi digunakan. Sebab, berdasarkan data, PKM merupakan penyumbang produk domestik bruto atau gross domestic product (GDP).

“PKM ini seperti kita ketahui adalah tulang punggung perekonomian kita. Sekitar 67 persen dari GDP kita disumbang oleh PKM dan 97 persen lapangan pekerjaan disumbang oleh PKM,” terang Sandiaga.

Bahkan, sambung Sandiaga, merujuk pada data perbankan, PKM merupakan kreditur paling patuh. Tingkat kepatuhan PKM terhadap cicilan pinjaman mereka tinggi.

“Berdasarkan data-data perbankan, PKM itu tingkat kepatuhannya di atas 90 persen, tidak pernah ngemplang kredit, dan pajaknya, tingkat kepatuhannya juga tinggi,” jelas dia.

Baca juga: Sandi Sebut PKL Berjualan di Jalan Jatibaru Hingga Blok G Selesai Dibangun 2018

Karena itu, wagub usungan Partai Gerindra dan PKS ini mengatakan PKM merupakan pelaku ekonomi yang bakal mendapatkan perhatian khusus dari Pemprov DKI Jakarta.

“Jadi (PKM) ini adalah sektor yang ingin kami jaga sesuai dengan tadi tiga utama. Satu mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan, dan ketimpangan tidak semakin melebar,” tutup Sandiaga.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: