//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Sempat Menolak, PDIP Kini Usung Ridwan Kamil Jadi Bakal Cagub Jabar

Ridwan Kamil saat menghadiri acara PDIP di Wisma Kinasih, Depok

Ridwan Kamil saat menghadiri acara PDIP di Wisma Kinasih, Depok. (Liputan6.com)

Anekainfounik.net. PDI Perjuangan sempat menyatakan telah menutup kemungkinan untuk mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat di Pilkada Serentak 2018. Mereka lebih memilih untuk berkoalisi dengan Partai Golkar mengusung Dedi Mulyadi yang bakal didampingi oleh kadernya.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira dulu menyebut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sebagai sosok yang merasa dirinya “independen” tidak perlu partai, tapi hanya butuh rekomendasi partai sehingga tidak sesuai dengan pola pikir PDIP. Peristiwa ini hampir sama saat PDIP sempat menolak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilkada DKI Jakarta tahun lalu.

Pengamat politik sempat menyebut pernyataan PDIP yang menutup diri untuk Emil adalah salah satu bentuk langkah politik ‘test the water’.

“Saya kira itu bukan keputusan final bahwa Ridwan Kamil tidak akan diambil. Dalam bahasa politik namanya testing the water atau menguji reaksi publik. Kalau responsnya bagus, diteruskan tanpa Ridwan Kamil, tapi kalau tanpa dia jelek, ya mereka ambil dia dan dipasangkan dengan Dedi Mulyadi,” kata Dosen Universitas Parahyangan Bandung, Asep Warlan Yusuf, Selasa (8/8/2017), dilansir anekainfounik.net dari Republika.

Analisis di atas memang terbukti, PDIP akhirnya mengusung Emil jadi bakal cagub Jabar. Keputusan ini diambil seusai rapat internal di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Iya. Saya mendengar informasi dari rapat DPP melalui Andreas Pareira bahwa PDIP memutuskan membangun koalisi mendukung Ridwan Kamil,” kata Sekretaris DPD PDIP Jabar Abdy Yuhana, Jumat (5/1/2018), dilansir dari Detikcom.

Namun soal nama cawagub untuk Ridwan Kamil yang diusung PDIP belum disebut. Saat ini beredar kabar eks Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan yang menjadi cawagub Ridwan Kamil.

PDIP siap memenangkan Ridwan Kamil di Jabar. PDIP sejalan dengan koalisi pendukung Ridwan Kamil (NasDem, PPP, PKB, dan Hanura).

“Kalau DPP sudah memutuskan RK, saya kira DPD, DPC hingga anak ranting akan siap mengamankan dan berjuang untuk memenangkannya, ” kata
Abdy.

PDIP akan mengumumkan cagub Jabar secara resmi pada 7 Januari 2018. Pengumuman ini bersamaan dengan wilayah lainnya, seperti Jateng dan Sumsel.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: