//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Sihar Sitorus, Pecinta Sepakbola yang Jadi Calon Kuat Cawagub Djarot

Sihar Sitorus, calon kuat cawagub Djarot

Sihar Sitorus, calon kuat cawagub Djarot. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Bakal cawagub Sumut pendamping Djarot Saiful Hidayat sampai saat ini belum diumumkan PDIP. Walaupun enggan membocorkan nama, PDIP memberikan clue soal pendamping Djarot di Sumut.

“Yang kami usulkan sebagai wakil mendampingi Pak Djarot adalah sosok yang sangat populer di kalangan orang muda. Pencinta olahraga sepakbola yang luar biasa. Tapi beliau juga punya rekam jejak pendidikan yang sangat baik,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di kantor DPP PDIP, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Ada dua kandidat yang digadang-gadang jadi calon kuat cawagub Djarot. Mereka adalah pengusaha Sihar Sitorus dan Wakil Gubernur Sumut saat ini, Nurhajizah Marpaung. Dari kedua nama tersebut, hanya Sihar yang sesuai dengan karakteristik yang disampaikan Hasto. Sihar adalah sosok yang populer di kalangan muda, suka olahraga dan memiliki rekam jejak pendidikan yang bagus.

Dalam hal pendidikan, pria yang lahir dengan nama Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus Pane di Jakarta, 13 Juli 1968 tersebut memang tidak perlu diragukan. Setelah lulus SMA di Jakarta, tahun 1987 Sihar mengambil gelar S1-nya di bidang Science in Business Administration di University of Arizona, Amerika.

Dilansir dari Kumparan.com, Sihar langsung mengambil gelar master di bidang yang sama di Creighton University, Amerika. Seolah belum puas menuntut ilmu, tahun 1993 ia pun memutuskan mengambil program diploma di bidang ekonomi bisnis di Strathclyde University, Skotlandia. Baru, pada tahun 1998 ia mengambil gelar doktor masih di bidang administrasi bisnis di Manchester Business School, UK.

Saat menempuh pendidikan diploma, Sihar sebenarnya sedang bekerja di di PT Freeport Indonesia dan BEJ pada kurun waktu 1993-1995. Keluar dari BEJ dan Freeport, ia pun memutuskan untuk menekuni dunia bisnis dan menjadi Direkur Lembaga Peduli Hutan Indonesia hingga sekarang.

Selain masalah pendidikan yang begitu baik, Sihar juga memenuhi kualifikasi soal kecintaan terhadap olahraga. Sebab, nama Sihar memang tidak asing bagi pecinta sepakbola di Indonesia karena pernah menjadi ketua umum salah satu Tim Indonesia di era keemasan PSMS Medan.

Kecintaan Sihar terhadap sepakbola bahkan membuatnya rela menggelontorkan dana cukup besar bagi tim kesayangannya. Sihar juga tercatat pernah mendirikan tiga klub sepakbola Medan Chiefs Deli Serdang, Pro Titan, dan Nusaina Fans Club yang ia bentuk sebagai bentuk keprihatinannya terhadap persepakbolaan dalam negeri.

Saat PSMS Medan berlaga di Indonesia Super League, Sihar bahkan tak segan mengearkan dana agar tim yang ia bangun bisa terus bertanding. Sihar kemudian dikenal sebagai satu dari sedikit pengusaha yang begitu cinta dan peduli dengan kemajuan sepakbola.

Di bidang sepakbola, Sihar juga pernah menjabat sebagai anggota komite eksekutif PSSI yang sering muncul dengan ide-ide segar tekait sepakbola. Baginya, banyak bakat-bakat terpendam di rumput hijau dalam negeri yang sayang jika dibiarkan begitu saja tanpa ada yang mengembangkan.

Sihar juga aktif di bidang politik dan menjadi tokoh dari Partai Peduli Rakyat Nasional (PRRN) yang didirikan oleh ayahnya, Darius Lungguk Sitorus. Bahkan, di tahun 2009, Sihar sempat mencalonkan diri sebagai anggota leislatif dari partai PPRN.

Suara untuknya sebenarnya cukup untuk mengantarkannya menjadi anggota DPR-RI di dapil Sumatera Utara II. Namun, karena partainya tidak lolos di KPU, ia harus legowo dan menerima kenyataan belum bisa duduk di pemerintahan saat itu.

Sepak terjangnya di dunia politik pun terus berlanjut dengan menjadi Juru Kampanye Nasional di pemilu 2014 dan ditunjuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai salah satu dari 120 tokoh-tokoh PDIP. Bahkan, ia juga ditunjuk sebagai anggota tim kampanye Jokowi-JK bersama degan Sukardi Rinakit, Andreas Pareira, Arie Sumarmo, Arief Budimanta, Ady Prasetyono, Heri Achmadi, Ida Fauziah, M Prakosa, Muhtosim Arief, Musdah Mulia, Pataniari Siahaan, Rizal Sukma, Syaifullah Mashum, Sakti Wahyu Trenggono, dan Silverius Sonny.

Langkahnya di dunia politik sudah cukup mulus. Kini, Sihar kembali memberanikan diri untuk masuk dalam kontestasi yang lebih besar, Pilgub Sumut 2018. Meski namanya belum resmi disebut, namun sosok Sihar cukup bisa dipertimbangkan untuk diwaspadai para pesaingnya.

Recananya, PDIP akan mengumkan secara resmi siapa yang akan menjadi cawagub mendampingi Djarot Syaiful Hidayat pada Minggu (7/1) besok.
]

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: