//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Apa Alasan Kuat Ahok Gugat Cerai Veronica Tan?

Ahok memberikan bunga saat Vero berulang tahun

Ahok memberikan bunga saat Vero berulang tahun. (Instagram @basukibtp)

Anekainfounik.net. Mahligai rumah tangga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Veronica Tan diterpa kabar miring. Ahok dikabarkan menggugat cerai istrinya yang telah dinikahinya selama 20 tahun itu. Kabar ini bukanlah hoax karena sudah dibenarkan oleh PN Jakarta Utara. Surat gugat cerai itu masuk pada Jumat (5/1/2018) lalu.

Sontak hal ini membikin publik kaget. Sebab, rumah tangga Ahok jauh dari terpaan gosip miring, apalagi perceraian. Terbukti, ketika Ahok menjalani proses hukum lantaran kasus penistaan agama, Veronica dengan setia tetap mendampingi sang suami.

Pernikahan Ahok dan Veronica berlangsung bahagia. Ahok selalu didukung penuh Veronica dalam perjalanan karir politiknya mulai dari Bupati Belitung Timur dan mengikuti pemilihan Gubernur Bangka Belitung di tahun 2007, Ahok kemudian terpilih menjadi anggota DPR RI tahun 2009-2014 dari dapil Bangka Belitung dari Partai Golkar.

Veronica juga setia mendampingi Ahok hingga Pilgub Jakarta 2012. Ahok menjadi Cawagub DKI Jakarta dari Joko Widodo. Setelah Jokowi terpilih menjadi Presiden RI, Ahok kemudian dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Vero pun makin aktif di berbagai organisasi di antaranya Ketua PKK DKI Jakarta, Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) hingga Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi DKI Jakarta. Vero kerap mengikuti kegiatan Ahok saat peresmian Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di sejumlah lokasi.

Atas dukungan dari istri tercinta itu, Ahok kerap mengunggah foto Veronica ketika momen ulang tahun pernikahan, hari perempuan internasional, dan ulang tahun perempuan yang telah memberinya tiga anak itu.

Lalu apa sebenarnya alasan Ahok hingga mendaftarkan gugatan cerai lewat kantor pengacara sang adik, Law Firm Fifi Lety Indra & Partners?

Panitera Muda Perdata Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Tarmuzi tidak berkenan membeberkan alasan Ahok menceraikan istrinya.

“Enggak enak saya kasih itu pokoknya dia gugat cerai sudah benar,” katanya di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (8/1), dilansir anekainfounik.net dari merdeka.com.

Baca juga: PN Jakut dan Pengacara Benarkan Kabar Ahok Gugat Cerai Vero

Isu liar pun kini berkembang di media sosial. Ada yang menyebutkan perselingkuhan, pindah keyakinan dan kengototan Ahok terjun kembali ke dunia politik menjadi alasan gugatan cerai tersebut.

Ada beberapa alasan yang dapat dijadikan dasar gugatan perceraian di Pengadilan Negeri antara lain:

a. Suami/istri berbuat zina, pemabuk, pemadat, penjudi dan sebagainya yang sukar disembuhkan.

b. Suami/istri meninggalkan selama 2 (dua) tahun berturut-turut tanpa ada izin atau alasan yang sah.

c. Suami/istri dihukum penjara selama (lima) 5 tahun atau lebih setelah perkawinan dilangsungkan.

d. Suami/istri bertindak kejam dan suka menganiaya, sehingga keselamatan terancam.

e. Suami/istri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami/istri karena cacat badan atau penyakit.

f. Terjadi perselisihan dan pertengkaran terus menerus tanpa kemungkinan untuk rukun kembali.

Sementara, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyebut perceraian dalam Kristen tak diperbolehkan. Dalam Alkitab di Matius 19 ayat 6 dengan tegas disebutkan soal hukum pernikahan bagi orang Kristen. Isinya: “Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

Secara umum, kata PGI, perceraian dalam Kristen hanya dimungkinkan oleh cerai mati dan zina. Namun, menurutnya, aturan di sejumlah gereja makin longgar dan makin realistis menghadapi kenyataan saat ini.

“Gereja-gereja Lutheran, seperti HKBP, GKPI, dan lain-lain hingga kini mempertahankan tidak boleh cerai kecuali oleh perzinaan. Perceraian ini dimungkinkan karena yang berzina tersebut telah kena hukum siasat gereja dan olehnya boleh diceraikan,” kata Sekretaris Umum PGI pendeta Gomar Gultom, Senin (8/1/2018), dilansir dari detikcom.

Baca juga: Ahok Gugat Cerai Vero, PGI: Kekristenan Tak Perkenankan Perceraian

Sementara seorang netizen yang terkenal sebagai pendukung Ahok berpendapat lain soal dugaan Alasan Ahok melayangkan gugatan cerai. Dia menduga Vero keberatan dengan rencana Ahok yang berniat kembali terjun ke politik, dunia yang telah merengut kebebasannya selama 2 tahun walaupun dia setia melayani rakyat.

Apapun alasan Ahok yang pasti sangat privasi untuk dibuka di publik, gugatan cerai ini telah menggemparkan Tanah Air. Para pendukung Ahok atau Ahokers berharap tak terjadi perceraian.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: