//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Diduga Hina Islam Saat Stand-up Comedy, Joshua Dipolisikan

Joshua dianggap melecehkan Islam

Joshua dianggap melecehkan Islam. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Ketua Umum Forum Umat Islam Bersatu atau FUIB, Rahmat Himran, mendatangi Bareskrim Mabes Polri untuk melaporkan Joshua Suherman terkait dugaan penistaan agama. Mantan artis cilik tersebut diduga melecehkan umat Islam saat stand up comedy beberapa waktu lalu.

“Kami dari FUIB datang ke Bareskrim untuk melaporkan artis Joshua Suherman terkait pernyataannya dalam stand up comedy yang telah menistakan agama,” kata Ketua FUIB Rahmat Himran di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018), dilansir anekainfounik.net dari viva.co.id.

Rahmat mengatakan, Joshua ketika membawakan materi stand up, dianggap melanggar Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Menurutnya ucapan Joshua tendensius dan dianggap menistakan agama Islam.

“Pada acara stand up comedy, Joshua Suherman melakukan pelecehan, penghinaan, bahkan agama Islam itu telah dilecehkan oleh beliau. Sehingga kami datang ke sini untuk melaporkan secara resmi di Bareskrim Mabes Polri agar diproses lebih lanjut,” katanya.

Laporan yang akan diserahkan oleh Rahmat Hitman disertai dengan barang bukti berupa video sekaligus kecaman dari warganet di berbagai media sosial, seperti YouTube, Facebook, serta aplikasi chatting WhatsApp.

Rahmat melaporkan pelantun lagu “Diobok-obok” ini dikarenakan melanggar ketentuan hukum dalam Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2 tentang UU ITE.

Laporan tersebut diharapkan oleh Rahmat Hitman agar hal-hal serupa terkait penistaan agama tidak terulang kembali.

“Jadi Joshua dalam stand upnya sempat membandingkan antara Annisa Cherrybelle dengan Che, dia bilang makanya Che, Islam, karena di Indonesia ini ada satu hal yang tidak bisa dikalahkan susah payah apapun mayoritas. Itu jelas telah menistakan agama Islam,” ucap Rahmat.

Selain itu, Rahmat menambahkan pelaporan yang dilakukan olehnya pada hari ini adalah sebagai langkah agar kedepannya masyarakat lebih berhati-hati dalam bertutur kata.

“Kami berharap dengan pelaporan ini bisa dijadikan pelajaran bagi masyarakat yang lain agar lebih berhati-hati dalam berucap,” kata Rahmat.

Sebelumnya, terdapat dua video aksi lawak dua komedian menjadi viral karena diduga adanya pelecahan agama Islam. Ge Pamungkas dan Joshua Suherman. Namun, pihak FUIB mengaku ingin fokus terlebih dahulu dalam kasus dugaan pelecahan agama Islam yang dilakukan Joshua.

“Kami fokus ke Joshua dulu, nanti setelah itu kami evaluasi lagi. Akankah kasus lainnya kami rampungkan lagi, lalu perlu kita laporkan akan laporkan lagi di Bareskrim Mabes Polri,” jelasnya.

Sebelumnya, video stand up Joshua viral karena diduga melakukan penghinaan terhadap agama. Dugaan tersebut muncul ketika Joshua melakukan roasting terhadap Cherly eks Cherrybelle. Di sana Joshua membandingkan ketenaran antara Annisa dan Cherly.

“Dan yang gue bingung adalah Cherly walaupun leader dia gagal memanfaatkan kepemimpinannya untuk mendulang popularitas untuk dirinya sendiri,” kata Joshua.

“Terbukti zaman dulu semua mata laki-laki tertujunya pada Annisa, semua Annisa. Padahal skill-nya Ani tipis-tipis ya kan? Skill nge-dance tipis-tipis, cantik relatif, ya kan? Gue mikir kenapa Annisa selalu unggul dari Cherly? Sekarang gua ketemu jawabannya, makanya Che, Islam. Karena di Indonesia ini tidak ada yang bisa dikalahkan oleh bakat sebesar apapun, mayoritas,” ucap Joshua.

Sementara, Ge Pamungkas melakukan stand up comedy tersebut dalam sebuah acara promosi film. Berikut ini penggalan materi stand up comedy Ge Pamungkas yang dianggap telah melecehkan agama.

“Twitter sekarang (isinya) sudah politik, agama, politik, agama, sudah engga asik lagi.

Nih, dulu nih Jakarta banjir, apa coba netizen-netizen itu? Wih, Jakarta banjir. Ini gara-gara *** ini. Ini adalah azab kita punya gubernur.

Ucapan Ge ini langsung disambung gelak tawa penonton dalam acara tersebut.

Nih, potong kuping gue. Nih, sekarang Jakarta banjir, beda omongannya.

Wah, ini adalah cobaan dari Allah SWT.

Ini cobaan. Sesungguhnya Allah akan memberikan cobaan kepada orang yang Dia cintai. Cintai apaan? Itu ada genangan, cobaan. Stress banget gue.”

Joshua Minta Bantuan LBH GP Ansor

Menanggapi laporan tersebut, Selasa (8/1) malam Joshua Suherman mendatangani sekretariat Gerakan Pemuda Ansor di Jakarta Pusat. Hal ini dibenarkan oleh Achmad Budi Prayoga yang merupakan ketua LBH Ansor.

“Benar semalam Joshua Suherman, Ge Pamungkas dan rekan-rekan dan manajernya silaturahmi dengan para pimpinan pusat GP Ansor dan beberapa pimpinan LBH GP Anshr,” ujarnya.

Achmad menjelaskan kedatangan Joshua Suherman untuk berbagi cerita dan meminta saran dan masukan terkait kabar yang mengatakan dirinya akan dilaporkan ke polisi terkait video viralnya.

“Mereka diskusi soal stand up comedy dan terkhusus apa yang mereka alami akhir-akhir ini. Mereka merasa mendapat perlakuan presekusi berupa ancaman seperti itu terkait dengan materi Stand Up Comedy mereka,” ujar Achmad Budi, Rabu (9/1) pagi, dilansir dari Tabloidbintang.com.

Achmad mengatakan bahwa kedatangan Joshua Suherman ke sana juga sekaligus meminta didampingi oleh LBH Ansor apabila ada masalah hukum.

“Joshua dan kawan-kawan meminta bantuan hukum ke LBH Ansor untuk didampingi, semisal ada keberatan terhadap mereka yang dirasa meningkat. Bahkan apabila sampai terjadi masalah hukum, Joshua meminta didampingi oleh kami,” tambah Achmad.

“Menurut kami mereka anak muda yang punya kreativitas. Mereka bagian dari pemuda kreatif dan punya karya,” tutupnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: