//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Mega Pilih Keponakannya Puti Guntur Dampingi Gus Ipul di Pilgub Jatim

Puti Guntur Soekarno jadi cawagub di Pilgub Jatim

Puti Guntur Soekarno jadi cawagub di Pilgub Jatim. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Teka-teki cawagub Jatim 2018 untuk mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) setelah Abdullah Azwar Anas mengundurkan diri akhirnya terjawab juga. Setelah melalui berbagai pertimbangan, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarnoputri jadi cawagub Gus Ipul. Keputusan ini diteken dalam surat bernomor 3938/IN/DPP/I/2018.

Pengumuman duet Gus Ipul dengan keponakan Mega ini akan disampaikan di sela acara HUT ke-45 PDIP siang ini di JCC, Jakarta dan disampaikan langsung oleh Mega.

Keputusan ini tentu saja mengejutkan karena awalnya putri Guntur Soekarnoputra ini awalnya niat maju ke Pilgub Jabar. Dia sempat dipertimbangkan PDIP sebagai cagub atau cawagub di Bumi Pasundan. Apalagi, selain sebagai cucu Sang Proklamator Bung Karno, silsilah Puti ditarik lebih jauh memiliki keturunan dari Raja Sunda Galuh di Banjar, Ciamis, sebelum terpecah menjadi dua Galuh dan Pakuan.

Niat Puti maju ke Pilgub Jabar tak main-main. Ia menghadiri ‘curah gagasan’ untuk mencari pemimpin di Jabar yang digelar PDIP. Di acara tersebut, Puti menyoroti indeks kebahagiaan.

“Berbicara masalah rakyat tentu indeks kebahagiaan, saya prihatin soal masalah HIV/AIDS, narkoba, dan KDRT yang tinggi,” kata Puti di Hotel Horison, Jl Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Rabu (25/10/2017), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga pun menyebut nama-nama yang ikut ‘curah gagasan’ PDIP dipertimbangkan maju ke Pilgub Jabar. Puti salah satu nama yang dielus PDIP.

“Kami melihat memang bahwa yang menonjol dari internal itu ada Mbak Puti (Guntur), ada Pak Sutrisno, Bupati Majalengka,” kata Eriko.

Namun anggota DPR periode 2009–2014 dan 2014−2019 ini tak jadi diusung PDIP di Jabar. PDIP akhirnya mengusung TB Hasanuddin-Anton Charliyan.

Sementara itu, situasi politik di Jatim sempat bergoyang ketika Abdullah Azwar Anas mundur sebagai cawagub Gus Ipul. Sejumlah nama, seperti Wasekjen Ahmad Basarah, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Puti, dipertimbangkan mendapat slot jadi cawagub.

Akhirnya, Mega memutuskan wanita kelahiran Jakarta, 26 Juni 1971 ini untuk mendampingi Gus Ipul dengan berbagai pertimbangan. Pesona istri Joy Kameron ini diyakini dapat melengkap Gus Ipul untuk menyaingi pasangan lain Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, terutama dalam meriah simpati pemilih perempuan di Jatim.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: