//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Wakadisdik DKI Bantah Pernyataan Sandi yang Sebut Gaji Guru Rp 31 Juta

Sandiaga Uno menyebut gaji guru di DKI Rp 31 juta

Sandiaga Uno menyebut gaji guru di DKI Rp 31 juta. (Liputan6.com)

Anekainfounik.net. Wakil Kepala Dinas Pendidikan (Wakadisdik) DKI Jakarta Bowo membantah pernyataan Sandiaga Uno yang besaran gaji guru di DKI tak jauh berbeda dengan gaji guru di Finlandia, yakni Rp 31 Juta.

Bowo menjelaskan gaji pokok guru di DKI Jakarta pada umumnya Rp 3,5-4,5 juta per bulan. Setiap bulan mereka juga mendapatkan tunjangan sertifikasi profesi yang besarannya sama dengan gaji pokok.

“Rata-rata gaji kan standar. Kalau gaji itu besarnya sekitar Rp 4,5 (juta). Kalau gaji guru baru Rp 3,5 juta. Kalau kemudian mendapatkan tunjangan sertifikasi, itu sumber dana dari APBN. Tunjangan sertifikasi profesi itu besarnya sama dengan gaji. Berarti dapatnya Rp 7 jutaan sebulan. Tapi tidak semua dapat tunjangan sertifikasi,” papar Bowo saat dihubungi, Kamis (11/1/2018), seperti dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.
.

Gaji guru bisa mencapai Rp 30 juta jika digabung selama 2-3 bulan. Itu pun, sambung Bowo, gaji pokok ditambah tunjangan sertifikasi plus tunjangan kinerja daerah (TKD) yang besarannya Rp 6-7 juta setiap bulan.

“Kalau DKI Jakarta ada tambahan TKD sekitar Rp 6-7 juta. Kalau Rp 30 juta itu untuk 2 atau 3 bulan,” terang dia.

Sebelumnya, Sandi menganalisis aspek kesejahteraan guru antara guru di Finlandia dan guru di Jakarta. Untuk besaran gaji, Sandiaga menilai tak jauh berbeda.

“Yang lain, sudah banyak dijalankan di DKI, seperti anak SD harus 7 tahun, nggak boleh di bawah itu. Guru-guru gajinya di DKI nggak kalah sama Finlandia. Saya lihat di sana guru adalah standarnya Rp 31 juta per bulan. Ternyata guru-guru kita yang terbaik sudah segitu juga,” kata Sandiaga seusai pertemuan dengan tokoh pendidikan di Indonesia, Nanat Fatah Natsir dan Andi Faisal Bakti di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis.

Iklan

Diskusi

Satu respons untuk “Wakadisdik DKI Bantah Pernyataan Sandi yang Sebut Gaji Guru Rp 31 Juta

  1. guru memang menjadi figur penting dalam menciptakan bibit unggul di masa depan, tapi dengan gaji yang sebesar itu mungkin akan menimbulkan pro dan kontra juga di kalangan masyarakat.

    buat kamu yang suka baca baca berita ayo kunjungi website kami dan menangkan iphone X secara cuma cuma di pokerzara.com

    Posted by sherlywijaya_ay | Februari 3, 2018, 7:57 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: