//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

JK Klaim Usulkan Anies ke Prabowo Jadi Cagub DKI Tanpa Mahar

Prabowo saat bertemu Jusuf Kalla

Prabowo saat bertemu Jusuf Kalla. (Liputan6.com)

Anekainfounik.net. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui bahwa dirinya yang mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur mendampingi Sandiaga Uno di Pilgub DKI Jakarta 2017 yang lalu. Ia mengklaim tak ada mahar politik yang diminta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat itu.

Hal ini menjawab pertanyaan terkait pernyataan La Nyalla Mattalitti sebelumnya yang menuding Prabowo meminta mahar politik miliaran rupiah untuk mendapatkan rekomendasi sebagai cagub di Pilkada Jawa Timur 2018.

“Pengalaman saya juga kembali, karena yang mulai ribut (itu) Gerindra. Pengalaman saya waktu mengusulkan Anies Baswedan ke Pak Prabowo langsung aja diterima tanpa syarat-syarat. Tidak ada (mahar) itu,” kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2018), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Meski begitu, JK mengakui banyak praktik mahar politik di segala level. Hal inilah yang membuat kepala daerah yang terpilih dengan proses tersebut, akan membebankan biaya yang dikeluarkan dalam proses penerapan kebijakannya.

“Ya ada yang mengatakan mahar politik, ada juga sebagai uang saksi. Akibatnya ongkos untuk menjadi bupati, wali kota, gubernur semakin mahal. Sehingga menyebabkan proses ekonomi, izin (mengurus perizinan) di daerah menjadi dibebankan ke situ pada ujungnya. Sehingga terjadi ekonomi yang agak berbeda tinggi,” ungkap JK.

Dia mengungkapkan, budaya politik seperti itu bisa dihilangkan. Bahkan, Undang-Undang Pemilu telah mengatur bahwa seseorang calon tidak boleh berpolitik uang. Jadi, tak perlu ada sanksi baru bagi parpol atau calon yang terbukti melakukan politik uang.

“Di undang-undang sudah ada tidak boleh ada money politic. Jadi tidak perlu ada sanksi baru,” tandas JK.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: