//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Idrus Marham Jadi Mensos, Moeldoko KSP, Agum Wantimpres, Yuyu KSAU

Jokowi Melantik Idrus Marham, Moeldoko, Agum Gumelar, dan KSAU Baru

Jokowi Melantik Idrus Marham, Moeldoko, Agum Gumelar, dan KSAU Baru. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Sekjen Golkar demisioner Idrus Marham menjadi Menteri Sosial. Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Moeldoko juga dilantik menjadi Kepala Staf Presiden (KSP) dan Agum Gumelar sebagai anggota Wantimpres

Reshuffle kabinet jilid 3 dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1/2017) pagi. Presiden Jokowi dan Wapres JK hadir bersamaan di lokasi pukul 09.23 WIB.

Idrus, Moeldoko berdiri berdampingan mengenakan setelan jas warna hitam dan peci berwarna senada.

Di samping Idrus dan Moeldoko ada Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsdya Yuyu Sutisna yang juga akan dilantik Jokowi menjadi KSAU. Dia menggantikan posisi Marsekal Hadi Tjahjanto yang kini menjabat Panglima TNI.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Kemudian, acara pelantikan dimulai dengan pembacaan Keppres pengangkatan Idrus sebagai Mensos, Moeldoko sebagai KSP dan Agum Gumelar menjadi anggota Wantimpres. Jokowi lalu memandu pengambilan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya, akan setia kepada Undang-Undang Dasar 45 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya,” demikian penggalan sumpah jabatan tersebut.

Idrus menggantikan Khofifah Indar Parawansa sebagai Mensos. Khofifah akan maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018. Sedangkan Moeldoko menggantikan posisi Teten Masduki. Agum menggantikan almarhum Hasyim Muzadi.

Pejabat negara lain yang dilantik Presiden, yakni Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Presiden Jokowi melantik Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Diketahui, selepas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Jokowi, jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara mengalami kekosongan.

Presiden sekaligus menaikkan pangkat Yuyu dari Marsekal Madya menjadi Marsekal TNI melalui prosesi penyematan pangkat di pundak.

Pelantikan Yuyu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 2TNI Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAU.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: