//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Terima Gratifikasi Rp 436 M, Bupati Rita Widyasari Belanja 40 Tas Mewah

Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari di gedung KPK

Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari di gedung KPK. (Liputan6.com)

Anekainfounik.net. Bupati nonaktif Kutai Kartanegara Rita Widyasari diduga membeli 40 tas mewah bermerek untuk menyamarkan uang hasil gratifikasi senilai Rp 436 miliar. Rita disangka melakukan tindak pidana pencucian uang.

“Tas bermerek ada 40 buah. Ini tas-tas mahal buatan desainer,” ujar Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif dalam jumpa pers di Gedung KPK Jakarta, Selasa (16/1/2018), dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Rita dan Komisaris PT Media Bangun Bersama Khairudin diduga telah menerima fee atas proyek, fee atas perizinan, dan fee pengadaan barang dan jasa yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kukar.

Syarif mengatakan, Rita dan tim suksesnya diduga banyak menerima bantuan dari pengusaha, saat kampanye menjadi calon bupati.

Menurut Syarif, bantuan itu berdampak menjadi balas jasa saat Rita terpilih dan menjabat sebagai bupati.

“Sebagai imbalan, banyak yang diberikan izin konsesi atau kemudahan, karena sudah banyak membantu dalam proses kampanye sampai terpilih,” kata Syarif.

Dalam jumpa pers, KPK menunjukkan beberapa barang bukti berupa tas yang dibeli Rita. Beberapa tas tersebut bermerek Hermes, Chanel, dan Louis Vuitton. Puluhan tas itu didapatkan petugas KPK saat melakukan penggeledahan di sembilan lokasi.

KPK memamerkan tas mewah milik Bupati Rita

KPK memamerkan tas mewah milik Bupati Rita. (Detikcom)

Beberapa di antaranya di rumah pribadi Rita, rumah anggota DPRD, dua rumah pribadi di Samarinda, dan satu rumah teman Rita di Kabupaten Tenggarong.

Selain tas, KPK juga menyita sepatu dan jam tangan. Juga uang dollar AS yang jumlahnya setara Rp 200 juta dan dokumen berupa rekening koran.

Rita dan Khairudin diduga membelanjakan hasil gratifikasi tersebut berupa pembelian kendaraan yang menggunakan nama orang lain. Kemudian, membeli tanah dan menyimpan uang atas nama orang lain.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: