//
Anda membaca...
Bisnis

Begini Penampakan Rusun DP Rp 0 Tipe 36 Anies-Sandi

Anies Baswedan resmi melakukan groundbreaking program DP Rp0

Anies Baswedan resmi melakukan groundbreaking program DP Rp0. (viva.co.id)

Anekainfounik.net. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) pembanguan rumah DP 0 rupiah di kawasan Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur. Rumah tersebut adalah rusun bukan rumah tapak, seperti dijanjikan Anies-Sandi saat kampanye.

Pada tahap awal, di kawasan tersebut akan dibangun 703 unit hunian yang terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, rumah dengan DP 0 rupiah akan dibangun vertikal seperti apartemen. PD Pembangunan Sarana Jaya berperan sebagai penanggung jawab program dan PT Totalindo Eka Persada sebagai kontraktor pembangunan membuat instalasi unit hunian murah tipe 36.

Dari foto-foto instalasi rumah yang dilansir anekainfounik.net dari Detikcom dan Kompas.com, unit hunian bertipe 36 terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur yang menjadi satu dengan ruang keluarga.

Ketika melewati pintu masuk, penghuni akan langsung melihat ruang keluarga yang menyatu dengan dapur, yang terletak di depan kamar mandi. Di ruangan ini, sejumlah perabotan rumah tangga bisa ditempatkan, mulai dari perlengkapan memasak, lemari es, hingga meja makan mungil.

Dapur rusun DP Rp 0 Anies-Sandi

Dapur rusun DP Rp 0 Anies-Sandi. (Detikcom)

Lagi-lagi dalam foto tersebut, setiap sisi ruang tamu hingga dapur dilengkapi perabot modern sehingga membuat tampilannya betul-betul menyerupai apartemen.

Dapur, ruang makan dan ruang tamu menyatu di rusun DP Rp 0

Dapur, ruang makan dan ruang tamu menyatu di rusun DP Rp 0. (Kompas.com)

Dalam foto rumah contoh unit hunian tersebut, dua kamar tidur memiliki ukuran yang berbeda.

Rusun DP Rp 0 memiliki dua kamar tidur dengan ukuran berbeda

Rusun DP Rp 0 memiliki dua kamar tidur dengan ukuran berbeda. (Kompas.com)

Salah satu kamar berukuran lebih besar sehingga memungkinkan untuk menempatkan tempat tidur berukuran king size. Dalam foto tersebut, ruangan kamar tidur dihiasi berbagai macam dekorasi dan perabot rumah yang menarik sehingga mengesankan nuansa elegan dan cenderung mewah. Ukuran kasur kapasitas 2 orang agaknya pas-pasan mengisi ruangan tersebut. Namun masih bisa disisipi lemari pakaian 1 pintu serta televisi yang menempel di dinding.

Penampakan kamar tidur utama rusun DP Rp 0

Penampakan kamar tidur utama rusun DP Rp 0. (Kompas.com)

Sementara kamar lainnya berukuran lebih kecil, di samping kamar mandi. Di dalamnya cukup untuk meletakkan 1 kasur berukuran kecil.

Kamar mandi terletak di samping kamar berukuran kecil. Kamar mandi berukuran tak terlalu luas, tetapi sudah dilengkapi keramik dinding dan kloset duduk yang membuatnya terlihat mewah.

Penampakan kamar mandi rusun DP Rp 0

Penampakan kamar mandi rusun DP Rp 0. (Kompas.com)

Harga unit hunian tipe 36 dipatok Rp 320 juta. Sementara tipe 21 yang hanya terdiri dari satu kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruang tamu dibandrol Rp 185 juta per unit.

Anies menyebut, warga Jakarta yang punya penghasilan di bawah Rp 7 juta bisa membeli rumah susun yang dihargai mulai Rp 185 juta hingga Rp 320 juta ini.

Meski demikian, Pemprov DKI Jakarta belum menjelaskan mengenai rincian syarat dan prosedur cicilannya. Pemprov DKI menunggu badan layanan umum daerah (BLUD) terbentuk pada April mendatang untuk merumuskannya.

Berikut simulasi hitungan cicilannya, dilansir dari DetikFinance.

Dengan asumsi tenor paling lama yakni 15 tahun dan bunga sebesar 5%, rumah seharga Rp 185 juta bisa dicicil sekitar Rp 1,5 juta per bulan atau Rp 1.462.968.

Sedangkan simulasi cicilan untuk rumah seharga Rp 320 juta, bisa dicicil seharga Rp 2,5 jutaan (Rp 2.530.539). Hal itu berdasarkan asumsi tenor selama 15 tahun dan bunga 5%.

Meski demikian ada hal mesti diperhatikan bagi pembeli rumah susun. Sebab terdapat perpanjangan dan Hak Guna Bangunan (HGB) atas tanah bersama di lahan apartemen atau rumah yang mesti dipenuhi.

Berdasarkan UU 5/1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, jangka waktu maksimal HGB adalah 30 tahun dan bisa diperpanjang dengan jangka waktu maksimal 20 tahun.

Setelah jangka waktu habis, dan masa perpanjangan habis, pemilik masih bisa mengajukan perpanjangan kembali sebagaimana diatur dalam PP 40/1996 tentang Hak Guna Bangunan.

Untuk perhitungannya, jika luas unit apartemen adalah 40 meter persegi berdiri di atas tanah apartemen seluas 5 hektar (50.000 meter persegi), maka HGB yang menjadi tanggungannya hanya 0,08%.

Iklan

Diskusi

Satu respons untuk “Begini Penampakan Rusun DP Rp 0 Tipe 36 Anies-Sandi

  1. lho koq pakai bunga?? bukannya itu haram???

    Posted by Ahmad | Januari 18, 2018, 2:07 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: