//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Dikritik Soal Rumah DP Rp 0, Sandi Malah Fitnah Ahok Soal Apartemen Mangkrak

Sandiaga Uno tertidur setelah makan

Sandiaga Uno tertidur setelah makan. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Pemprov DKI Jakarta telah melakukan groundbreaking pembangunan rusunami (Rumah Susun Sederhana Mili_ dengan DP nol rupiah di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, belum lama ini. Program pembangunan rumah tanpa DP ini merupakan janji kampanye Anies Baswedan- Sandiaga Uno, saat Pilgub DKI lalu. Bahkan Anies menyebut telah melunasi janjinya saat melakukan groundbreaking.

Merespon hal itu, Anies-Sandi kebanjiran kritik dari warga, netizen dan pengamat tata kota. Anies-Sandi disebut tidak menepati janji mereka karena tidak membangun rumah tapak.

Bahkan dengan harga 320 juta rupiah untuk unit tipe 36, rusunami ini tak bisa dijangkau warga DKI Jakarta yang berpendapatan di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP). Pengamat pun mempertanyakan keberpihakan Anies-Sandi. Bahkan ada yang menyebut mereka telah melakukan kebohongan publik. Belakangan Anies-Sandi terpaksa mengikuti jejak gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan berwacana akan mendirikan rusunawa untuk warga berpenghasilan rendah.

Tak mau dicecar terus menerus, Sandi pun melakukan pembelaan dengan menyalahkan Ahok saat pembangunan rumah tanpa DP itu disebut dituding dilakukan di atas lahan yang mangkrak. Sandi menyebut proyek Apartemen Pondok Kelapa Village dekat proyek hunian rusunami DP 0 berasal dari gubernur sebelumnya.

“1,5 hektare-nya dikerjakan oleh pemerintah sebelumnya. Kita nggak usah saling menyalahkan karena menyalahkan itu akhirnya nanti membuat kita terpecah belah,” katanya di Jakarta Selatan, Ahad (21/1), dilansir dari Republika.

Penyataan Sandi soal apartemen mangkrak tersebut tak berdasar dan dapat dengan mudah dipatahkan dengan jejak digital di Internet.

Pengembang dari Pondok Kelapa Village adalah PT. Gemilang Usaha Terbilang, jadi bukan proyek Pemprov DKI di era Ahok Ahok!. PT. Gemilang Usaha Terbilang beralamat di Gedung Menara Prima Lt.10 ( Unit I-J) Blok 6.2, Jalan Lingkar Mega Kuningan. PD Pembangunan Sarana Jaya hanya sebagai pemilik lahan.

Humas PD Pembangunan Sarana Jaya Julianti Riyanti menyatakan konsumen apartemen Pondok Kelapa Village kini masih menjadi tanggung jawab pihak pengembang atau PT. Gemilang Usaha Terbilang (GUT), seperti dilansir tribunnews.

Sandi bohong soal tanggal mulainya proyek ini, dia mengatakan dimulai tahun 2015. Nyatanya tahun 2012 proyek ini sudah dilaunching, sudah dipromosikan dan masa itu Ahok saja belum diangkat jadi wakil gubernur!

Pengembang Pondok Kelapa Village terlihat tidak profesional dengan memakai laman gratisan blog yaitu Blogspot dan data di lamannya memuat promosi apartemen ini terdata tanggal 12 Oktober 2012. Padahal, Jokowi dan Ahok resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta saja tanggal 26 Oktober 2012. Ahok sendiri resmi diangkat sebagai Gubernur pada tanggal 14 November 2014.

Jurus yang sama dilontarkan Anies-Sandi seperti diatas sama saat mereka dikritik mengenai RAPBD DKI 2018 beberapa waktu yang lalu. Pengamat politik LIMA Ray Rangkuti pernah menyebut Sandi dan Anies tidak elegan karena mengkritik orang yang tidak memiliki kesempatan untuk membela diri.

“Karena sekarang dia (Ahok) berada di dalam penjara, sehingga nggak berimbang informasinya,” terang Ray Rangkuti dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) TV One bertajuk ‘RAPBD DKI 2018: Serangan Pertama untuk Anies-Sandi’..

Menurut Ray, Anies dan Sandi harusnya kini menerima tantangan tersebut sebagai diri sendiri serta tidak ‘mengungkit’ masa lalu.

“Enough. Anda harus muncul dong sebagai Anda. Terima tantangan ini juga sebagai Anda. Jangan sedikit-sedikit masa lalu. Itu berlebihan,” tutur Ray Rangkuti.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: