//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Pencitraan yang Kaku, Anies Berseragam Dinas Saat Panen Padi di Sawah Berlumpur

Anies berseragam dinas saat panen padi

Anies berseragam dinas saat panen padi. (Liputan6.com)

Anekainfounik.net. Ada hal yang tak biasa terlihat saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi area pertanian yang terletak di Jalan Inspeksi Sisi Timur Banjir Kanal Timur (BKT), RW 008, Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada Selasa (23/1/2018) pukul 06.00 WIB.

Anies terlihat tetap mengenakan seragam dinas harian berwarna coklat lengkap dengan berbagai atributnya serta memakai caping saat hendak memanen padi bersama jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur.

Dalam acara ini, tampak Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Kepala Dinas KPKP Darjamuni, Kabiro Perekonomian Sri Haryati, Camat Cakung Alamsyah, Asisten Perekonomian Jakarta Timur Sofyan, dan Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo Adi yang mendampingi Anies.

Saat hendak memasuki area persawahan yang berlumpur, Anies mengganti sepatu pantofel hitamnya dengan sepatu karet. Ia pun tak lupa mengenakan topi anyaman bambu atau kerap diseput caping.

Anies kemudian turun ke area persawahan dan mulai memotong batang-batang padi dengan sabitnya. Kemudian, ia memasukkan padi-padi tersebut ke sebuah karung yang dibawa seorang petugas.

Anies memotong padi

Anies memotong padi. (Liputan6.com)

Usai memotong padi, Anies menuju tleser atau mesin perontok padi yang diletakkan di dekat lokasi Anies memanen.

“Wah ini satu kilo ada enggak, Pak?” tanya Anies mengenai berat hasil panennya, Selasa.

Anies mengklaim sering terjun ke sawah untuk memanen padi.

“Terakhir panen bulan September kemarin di Yogya, saya kan sering datang ke tempat panen,” ucap Anies.

Anies memanen panen padi di areal persawahan, Jalan Inspeksi Sisi Timur BKT, Cakung. Adapun jenis benih padi yang ditanam adalah Inpari 22.

“Di lokasi ini ada sekitar tiga hektare. Ahamdulillah, ditanam bulan Oktober-November dan sudah panen kira-kira lima ton per hektarnya,” kata Anies.

Anies mengatakan, saat ini ada 300 hektar sawah di Ibu Kota, termasuk lokasi yang ia datangi pagi ini.

Selesai memanen padi, Anies lalu bergerak untuk memanen buah naga. Dia menggunting buah naga warna merah. Anies berpesan agar warga sama-sama menyadari bahwa Jakarta merupakan sebuah ekosistem lengkap, di mana ada lahan pertanian yang harus dijaga dan dimanfaatkan.

Pencitraan Anies yang terkesan kaku dan terlalu dipaksaan ini bukan pertama kali terjadi. Mantan Mendikbud ini pernah ikut terjun membersihkan aliran Kali Tegal Amba RW 02 Kelurahan Pondok Bambu, Duren sawit Jakarta Timur pada Sabtu (30/12/2017). Anies terlihat belepotan lumpur kali yang semula penuh sampah karena ia tak mengenakan pelindung tangan dan sekop, seperti anggota Pasukan Oranye.

Baca juga: Demi Pencitraan, Anies Rela Bermandikan Lumpur Bersihkan Kali Tanpa Sarung Tangan

Kesempatan itu tak disia-siakan staf Anies, yang langsung mengabadikan foto Anies dalam keadaan penuh lumpur akibat membersihkan sungai.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: