//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Survei LSI Denny JA: 5 Parpol Lama Terancam Tak Lolos Ambang Batas

Konferensi pers LSI Denny JA pada Januari 2018

Konferensi pers LSI Denny JA pada Januari 2018. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Lima partai politik (parpol) lama yakni PPP, NasDem, PKS, PAN, dan Hanura dinilai terancam tak lolos ambang batas (parliamentary threshold) untuk Pemilu Legislatif 2019 ditetapkan sebesar 4 persen dari suara sah nasional.

Prediksi ini merupakan analisis hasil survei yang dipaparkan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dengan tajuk ‘Lima Isu Partai Politik Terkini di Tahun Politik’ di Graha Dua Rajawali, Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018).

“PPP, NasDem, PKS, PAN, dan Hanura istilahnya masih ngeri-ngeri sedap untuk bisa lolos parliamentary threshold 2019,” kata peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, di atas panggung pemaparan.

Hasil survei itu menunjukkan hasil yang mengkhawatirkan bagi PPP, NasDem, PKS, PAN, dan Hanura. Survei dilakukan pada 7 sampai 14 Januari 2018. Metodenya multistage random sampling, jumlah responden 1.200 orang. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner, dilengapi diskusi kelompok terarah (FGD) dan analisis media massa. Margin of error survei ini adalah 2,9 persen.

Partai-partai yang sudah berpengalaman di pemilu sebelumnya itu berada di papan bawah. NasDem mendapat 4,2%, PKS mendapat 3,8%, PPP mendapat 3,5%, dan PPP mendapat 3,5%, Perindo mendapat 3,0%, PAN mendapat 2,0%, dan Partai Hanura mendapat 0,7%.

Ada NasDem yang tersurvei mendapat 4,2% alias di atas ambang batas parlemen 4%. Namun karena margin of error survei ini 2,9%, maka perolehan NasDem di survei ini masih tergolong riskan untuk tak lolos ambang batas parlemen 4% itu.

“4% Bukan angka yang kecil untuk partai-partai lama, untuk bisa masuk kembali ke arena,” kata Rully.

Bila dilihat ada Perindo, partai baru yang mampu meringsek masuk di antara partai-partai lama, Rully menjelaskan bahwa itu karena iklan Perindo sering tampil di televisi. Meski demikian pencapaian Perindo juga belum aman. Di papan paling bawah lagi ada PSI yang meraih 0,3%, PBB mendapat 0,3%, dan PKPI mengantongi 0,2%.

“Partai-partai baru dan papan bawah terancam tak lolos ambang batas parlemen, kecuali ada isu ‘big bang’ (fenomena politik luar biasa) dan ada magnet tokoh yang kuat,” kata Rully.

Pertanyaan untuk responden, “Jika Pileg dilakukan hari ini, partai mana yang Anda pilih?” Berikut hasilnya:

1. PDIP 22,2%
2. Golkar 15,5%
3. Gerindra 11,4%
4. Demokrat 6,2%
5. PKB 6,0%
6. NasDem 4,2%
7. PKS 3,8%
8. PPP 3,5%
9. Perindo 3,0%
10. PAN 2,0%
11. Hanura 0,7%
12. PSI 0,3%
13. PBB 0,3%
14. PKPI 0,2%
Tidak tahu/tidak jawab/belum memutuskan/rahasia 20,7 %

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: