//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Lulung Tuding Demo Ditunggangi, Sopir Angkot Tn. Abang Merasa Difitnah

Lulung saat berada di Tanah Abang

Anies Baswedan dan Lulung saat berada di Tanah Abang. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung mencurigai ada pihak yang menunggangi demo sopir angkot Tanah Abang hari ini yang menuntut Jalan Jatibaru dibuka. Sebab, menurutnya, permintaan para sopir berubah-ubah.

“Kan angkot demo keukeuh. Kemarin saya sudah ketemu dengan koordinatornya. Ini cerita yang sebenarnya, tidak ada bohong-bohongan,” kata Lulung saat ditemui di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2018), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

“Jadi mereka itu utus satu orang namanya France ke posko saya. Dia bilang, ‘Bang Haji, temen-temen angkot merasa dirugikan karena adanya pedagang kaki lima. Cuma tolong di putaran Jalan Jatibaru depan stasiun tolong kami jangan digeber-geber sama distop, karena kami nanti nggak dapat penumpang,'” papar Lulung.

Kepada Lulung, para sopir angkot meminta rekayasa rute. Sopir angkot ingin mereka diizinkan melintasi beberapa blok di kawasan Pasar Tanah Abang.

“Maunya kami direkayasa, naik ke atas. Yang Tanah Abang-Jembatan Lima, Tanah Abang-Kota, dan Tanah Abang mana gitu. Jadi mereka naik ke atas maunya terus belok kiri ke (jalan) KS Tubun, terus naik dikit masuk Blok G dan masuk ke Blok F, Blok B,” terang Lulung.

Namun, lanjut Lulung, setelah rapat dengan pihak Dinas Perhubungan, tuntutan sopir angkot berubah lagi. Mereka meminta agar Jalan Jatibaru Raya dibuka kembali untuk angkot.

“Giliran rapat di Dishub, itu kenapa terus terjadi hari Senin ada demo? Dan hari ini ada demo lagi. Masalahnya apa? Beda. Masalahnya sekarang keukeuh. Kalau saya suudzon itu ditumpangi. Itu keluar dari situ, pedagang dari situ macet lagi,” tutur Lulung.

“Dari kemarin sampai sekarang beda lagi nih (tuntutan sopir, red), sekarang pokoknya PKL Jatibaru itu pergi. Jangan berdagang lagi. Ya, minta jalan Jatibaru dibuka lagi,” imbuh dia. Namun Lulung tidak menjelaskan lebih jauh soal pihak yang dia maksud menunggangi demo para sopir angkot ini.

Tudingan ini bukanlah pertama kali dilontarkan Lulung terkait protes akan kebijakan Anies Baswedan. Sebelumnya, ia menduga ada upaya serangan politik berupa mobilisasi becak masuk Jakarta untuk memberi kesan negatif pada kebijakan Anies.

“Saya kira ada upaya mobilisasi becak masuk Jakarta atau saya sebut urbanisasi becak yang berbau politis yang berkaitan dengan Pilkada Jakarta lalu. Semalam saya rapat dengan Kasatpol PP dan membaca adanya upaya mobilisasi becak masuk Jakarta berbau politis,” ujar Lulung saat ditemui di Universitas Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (27/1/2018), dilansir dari Tribunnews.com.

Sopir Merasa Difitnah Lulung

Menanggapi tudingan Lulung, Aziz, salah seorang sopir M08, merasa difitnah. Ia mengatakan demo yang dilakukan hari ini murni inisiatif para sopir angkot.

“Kita demo ini inisiatif sopir, nggak ada yang nunggangin. Hoax itu!” kata Aziz di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2018).

Aziz menceritakan ditutupnya Jalan Jatibaru membuat pendapatan para sopir berkurang 50 persen. Ditegaskan Aziz, tak ada pihak yang menunggangi demo angkot ini.

“Pendapatan kita sudah terganggu, sudah berkurang semenjak ini tertutup, pendapatan kita 50 persen hilang. Yang biasa kita bawa pulang Rp 70 ribu jadi Rp 35 ribu. Jadi kita ini tidak ada yang nunggangin, jadi salah itu kalau ada yang bilang nunggangin,” paparnya.

Aksi demo menutup Jalan Jatibaru akan diteruskan sampai besok. Para sopir meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui para sopir di Tanah Abang.

“Besok kalau bisa datang gubernur kita nunggu di sini. Kalau dia nggak datang, kita berlanjut sampai besoknya sampai jalan itu dibuka,” ujarnya.

“Kita bertahan terus sampai akses jalan dibuka. Jadi gubernur tahu undang-undang, jalan itu buat apa, dia itu orang pendidikan. Sekali lagi ini nggak ada yang nunggangin, ini inisiatif sopir,” lanjut Aziz.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: