//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Jokowi Jadi Imam Salat Presiden Ghani dan Ulama Afghanistan

Jokowi jadi imam salat di Afghanistan

Jokowi jadi imam salat di Afghanistan. (Biro Setpres)

Anekainfounik.net. Di sela kunjungannya ke Afghanistan, Presiden Joko Widodo sempat menjadi imam salat zuhur presiden negara tersebut serta para ulama.

Dari video yang diberikan Biro Setpres, Selasa (30/1/2018), mulanya Jokowi dan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani sempat bertukar kopiah.

Jokowi memasangkan kopiah ke kepala Presiden Ghani

Jokowi memasangkan kopiah ke kepala Presiden Ghani. (Biro Setpres)

Jokowi memberikan kopiah untuk Ghani, kemudian Ghani memberikan ikat kepala untuk Jokowi.

Presiden Ghani membantu memasangkan ikat kepala ke Jokowi

Presiden Ghani membantu memasangkan ikat kepala ke Jokowi. (Biro Setpres)

Kemudian keduanya sempat berpelukan dan tersenyum. Lalu mereka berjalan menuju masjid di kompleks Istana Kepresidenan Agr, Kabul, Afghanistan.

Jokowi menjadi imam salat zuhur para ulama di Afghanistan dan ulama NU. Dia duduk di barisan terdepan. Terlihat ada dua saf makmum di belakang Jokowi.

Terlihat Presiden Ghani berada di saf pertama. Dia tampak khusyuk berdoa.

Setelah menunaikan salat, Jokowi sempat menyapa jemaah yang ada di masjid. Ia terlihat berbincang dengan sejumlah anak-anak. Kemudian Jokowi dan Ghani meninggalkan lokasi untuk melanjutkan pertemuan bilateral.

Simak videonya di bawah ini.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi tetap mengunjungi Afghanistan meski serangan bom meneror negara tersebut. Melalui Facebook, Jokowi pun sempat menyampaikan keinginannya tetap ke Afghanistan pascateror di Kota Kabul.

“Beberapa hari lalu, kota ini diguncang bom mobil menggunakan ambulans, yang menewaskan lebih dari seratus orang. Lalu pagi ini terdengar kabar serangkaian ledakan juga terdengar di Kabul, tak jauh dari sebuah akademi militer,” ujarnya.

“Datanya sangat memprihatinkan: 76 persen serangan teroris terjadi di negara muslim dan 60 persen konflik bersenjata di dunia terjadi di negara muslim. Lebih jauh lagi, jutaan saudara kita harus keluar dari negaranya untuk mencari kehidupan yang lebih baik, 67 persen pengungsi berasal dari negara muslim,” imbuh Jokowi.

Jokowi menerima medali tertinggi dari Presiden Ghani. Medali tersebut diberikan kepada Jokowi karena dinilai telah berani dalam upaya perdamaian dunia.

“Presiden Afghanistan memberikan medali tertinggi kepada Presiden @jokowi yaitu Penghargaan Medal Tertinggi untuk Keberanian atas upaya Perdamaian Dunia termasuk di Afghanistan yang diupayakan oleh Presiden @jokowi #KhaziAmanullahKhanMedal,” tulis Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam akun Twitter resminya @pramonoanung, Senin (29/1/2018).

Pramono juga mengunggah tiga foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi saat dilakukan penyematan medali tersebut oleh Ashraf Ghani. Foto itu menunjukkan Presiden Ghani menyematkan lencana pada Jokowi. Keduanya terlihat akrab dan saling merangkul sambil tersenyum semringah.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: