//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Lepas Jilbab di Depan Umum, Wanita Iran Kembali Ditangkap Polisi

Beberapa wanita melakukan aksi lepas kerudung di Iran

Beberapa wanita melakukan aksi lepas kerudung di Iran. (Twitter @negarmortazavi)

Anekainfounik.net. Pihak kepolisian Iran kembali menangkap seorang perempuan yang dituduh melawan para ulama dengan tampil di depan umum tanpa mengenakan jilbab yang diwajibkan.

Narges Hosseini bersama sekolompok wanita lainnya melakukan aksi buka kerudung di depan publik, sebagai bentuk protes terhadap undang-undang yang mewajibkan wanita berpakaian tertutup dan mengenakan jilbab. Pada Senin (29/01), foto mereka menyebar secara meluas di internet dan diikuti dengan foto-foto serupa sehari kemudian walau keasliannya tidak bisa dipastikan.

Dilansir Independent, Rabu (31/1), mereka meniru pose Vida Mohaved, seorang aktivis keseteraan gender, yang melepas kerudungnya dalam aksi unjuk rasa antipemerintah pada 27 Desember lalu. Dia berdiri di atas satu pilar di pinggir sebuah jalan yang sibuk di Teheran tanpa menggenakan kerudung dan gaun panjang yang diwajibkan oleh Syariat Islam.

Fotonya yang mengibarkan kerudung putih di ujung sebuah tongkat kemudian menyebar ke seluruh dunia. Vida yang juga dikenal sebagai “Girl of Enghelab Street” ditahan selama beberapa minggu sebelum dibebaskan dari tahanan.

Menurut kuasa hukum Hosseini, Nasrin Sotoudeh, berdasarkan keterangan keluarga, Hosseini tak keberatan jika dirinya ditangkap.

“Mereka mengaku ingin ditahan dan saya diminta untuk menjadi pengacaranya. Melihat bahwa hakim tahu kondisi keuangan keluarga, penetapan uang jaminan yang besar memperlihatkan mereka ingin menahannya,” jelas Sotoudeh.

Dalam beberapa bulan terakhir, penegakan hukum – yang pertama kali diterapkan setelah Revolusi Islam pada 1979 – telah sedikit melunak.

Dahulu, wanita yang tanpa sengaja memperlihatkan rambut di balik kerudung, biasanya akan langsung dinasihati oleh polisi syariat. Namun, tindakan tersebut tidak lagi diberlakukan secara ketat oleh rezim pemerintahan Hassan Rouhani. Belakangan aksi diwarnai unjuk rasa dengan jatuhnya korban sedikitnya 20 jiwa.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: