//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Minus Rp 115 Juta, Cabup Murung Raya Ini Termiskin di Pilkada 2018

Cabup Murung Raya, H Syapuani

Cabup Murung Raya, H Syapuani. (Screenshoot Youtube)

Anekainfounik.net. Calon Bupati Kabupaten Murung Raya, Syapuani, menjadi calon bupati dengan kekayaan terendah dari para calon bupati lainnya. Berdasarkan data LHKPN yang dirilis situs resmi KPK, Rabu (31/1), laporan harta kekayaan Syapuani minus Rp 115.172.000. Pensiunan PNS ini maju di Pilkada 2018 berpasangan dengan Dihabsi lewat jalur independen.

Selain Syapuani, harta calon Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Timur, Sirajudin Paskalis, juga minus jutaan rupiah. Dia menjadi calon wakil bupati dengan kekayaan terendah dari para calon wakil bupati lainnya. Kekayaan Sirajudin yang dilaporkan minus Rp 94.780.996.

Sementara itu, calon Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, menjadi calon gubernur dengan kekayaan terendah dibandingkan para calon gubernur lainnya. Ridho memiliki harta kekayaan senilai Rp 1.001.200.098.

Kemudian calon Wakil Gubernur Maluku, Abdullah Vanath, menjadi calon wakil gubernur dengan kekayaan terendah dari para calon wakil gubernur lainnya. Abdullah memiliki harta kekayaan senilai Rp 392.682.000.

Calon Wali Kota Bau-Bau, Nur Salam, menjadi calon wali kota dengan harta kekayaan terendah dari para calon wali kota lainnya. Nur Salam, dia memiliki nilai kekayaan Rp 5 juta.

Para calon kepala daerah dengan kekayaan terendah berdasarkan jabatan itu telah selesai verifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di KPK, per-30 Januari 2018.

Sementara, calon kepala daerah yang memiliki harta kekayaan paling tinggi di tingkat provinsi adalah bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara, Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus. Sihar memiliki harta sebesar Rp 350.887.340.551.

Sihar maju mendampingi Djarot Saiful Hidayat di Pilgub Sumut. Pasangan ini didukung oleh PDIP dan PPP.

Sementara terkaya kedua, ditempati oleh bakal calon gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid. Total harta kekayaan Nurdin yang dilaporkan ke KPK sebesar Rp 167.869.362.322. Di Pilgub Sulsel, Nurdin maju bersama Aziz Qahhar Muzdakkar. Pasangan ini diusung oleh Golkar, NasDem, PKPI, PKB dan Partai Hanura.

Berikutnya, ada bakal calon gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman alias Andi Rachman yang memiliki harta kekayaan tertinggi ketiga. 149.470.468.326. Dia maju bersama Suyatno AMP. Pasangan ini didukung oleh PDIP.

Dari 1.170 calon kepala daerah yang melaporkan kekayannya di lembaga antirasuah, 20 calon di antaranya belum diverifikasi karena masih perlu memperbaiki laporannya.

Untuk jabatan gubernur, nilai rata-rata harta kekayaan dari 58 calon gubernur di Pilkada 2018 yakni Rp 21 miliar. Kemudian rata-rata harta kekayaan dari 57 calon wakil gubernur di Pilkada ini senilai Rp 18 miliar.

Sementara, rata-rata harta kekayaan dari 135 calon wakil wali kota yakni senilai Rp 6 miliar. Febri melanjutkan, rata-rata harta kekayaan 385 bupati di Pilkada ini senilai Rp 8 miliar. Kemudian rata-rata harta kekayaan 375 calon wakil bupati nilainya Rp 5 miliar.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: