//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Solusi Sandi Atasi PKL Liar: Warga Jangan Beli yang Jualan di Trotoar

Pemotor melintas di Jalan Kebonjati Tanah Abang

Pemotor melintas di Jalan Kebonjati Tanah Abang. (Liputan6.com)

Anekainfounik.net. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan solusi yang menurutnya cukup ampuh untuk mengatasi keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih ada di berbagai lokasi. Mereka masih saja menghindar dari kejaran petugas.

Sandi meminta warga mengubah perilaku untuk tidak membeli barang dagangan PKL yang berjualan di trotoar. Karena menurutnya, keberadaan PKL disebabkan adanya pembeli.

Menurut orang nomor dua DKI ini, penertiban PKL tidak akan mampu dilaksanakan apabila pedagang tidak memiliki kesadaran sendiri untuk mengubah kebiasaan. Bahkan sebanyak apapun jumlah petugas yang dikerahkan, kata Sandi tidak akan membantu. Oleh sebab itu, Sandi juga memohon pengawasan langsung dari masyarakat.

“Jadi masyarakat juga jangan belanja, jangan membeli di sana karena PKL itu ada di sana karena ada yang beli,” ujar Sandi di Masjid Al-Mubarok, Jalan Pramuka Sari III, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu, (31/1), dilansir anekainfounik.net dari Kumparan.com.

Sandi tidak memungkiri masih ada PKL yang kucing-kucingan dengan petugas Satpol PP. Laporan itu diterimanya di kawasan Bendungan Hilir.

“Saya lari kan tiap pagi lewat situ (Bendungan Hilir). Jadi saya ngelihat sendiri memang betul, begitu kita lewat mereka kosongin. Tapi selesai tidak ada petugas mereka berjualan kembali,” kata Sandi.

Sandi merasa hal tersebut tidak layak untuk dilakukan oleh para PKL. Ia menginginkan adanya perubahan perilaku dari mereka sebelum merelokasi ke tempat yang lebih tepat.

“Ini perilaku, kita ingin perilaku pedagang kecil juga mulai terbiasa (tidak kucing-kucingan). Ketika kita bisa berikan lokasi sementara dan lahan usahanya mereka mudah-mudahan bisa mengubah perilakunya,” ujar Sandi.

Sandi menjelaskan pihaknya akan memperketat pengawasan di setiap trotoar yang digunakan PKL untuk berjualan. Ia juga meminta partisipasi dari masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap para PKL.

“Upayanya tentunya kita terus diingatkan untuk menegakkan kedisiplinan, memastikan peraturan itu ditegaskan, dan memastikan masyarakat tidak mentolerir dengan adanya mereka (PKL di trotoar),” ucap Sandi.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: