//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Awalnya Jadi Kades, Begini Jejak Karir Politik Bupati Jombang Nyono Suharli

Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko

Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko. (Pemkab Jombang)

Anekainfounik.net. Nama Nyono Suharli Wihandoko kini menjadi buah bibir lantaran Bupati Jombang ini terjaring Operasi tangkap tangan atau OTT oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga terkait dengan dana kesehatan.

Kabar penangkapan mengguncang publik di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, karena pria yang akrab disapa Mas Nyono itu bukanlah orang baru dalam dunia politik Jombang, nama Nyono Suharli bukan pemain baru. Pria pengusaha yang juga petani tebu itu bahkan merintis karir politiknya dari kepala desa.

Pada tahun ’90-an, pria kelahiran Jombang, 8 November 1962 ini tercatat pernah menjadi Kepala Desa Sepanyul, Kecamatan Gudo, beberapa periode. Pada 2004, Nyono naik pangkat menjadi anggota DPRD Jombang dari Partai Golkar, kursi kepala desa diwariskan kepada Tjaturina Yuliastuti, istrinya.

Nyono menjabat Wakil Ketua DPRD Jombang periode 2008-2013. Sebelum menjadi legislator, Nyono Suharli sempat mencalonkan diri sebagai Bupati Jombang, saat itu dia menggandeng Halim Iskandar yang saat ini menjabat Ketua DPRD Jatim. Namun, pasangan Sunyono-Halim dikalahkan pasangan Suyanto-Widjono.

Tak patah arang, Nyono kembali mencoba maju Pilkada Jombang 2013, berpasangan dengan Mundjidah Wahab, Nyono pun meraih impiannya menjadi bupati. Ia dilantik Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada 24 September 2013 lalu.

Pada 2016, karier politiknya semakin moncer. Dalam Musyawarah Daerah Partai Golkar Jatim, dia terpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPD Partai Golkar Jatim periode 2016-2021. Jalan Nyono Suharli diikuti istrinya. Pada Februari 2017, Tjaturina Yuliastuti juga terpilih menjadi Ketua DPC Partai Golkar Jombang dalam forum musyawarah cabang.

Pada Pilkada Serentak 2018, dia masih berambisi mempertahankan kursi bupatinya yang berakhir pada akhir tahun ini. Didampingi politisi PKB, Subaidi Muchtar, dia kembali mendaftar sebagai calon bupati Jombang tahun ini. Pasangan ini didukung koalisi lima partai, yakni Golkar, PKB, PKS, PAN, dan Partai Nasdem. Namun, nasib naas menimpanya, sepekan sebelum dia cuti dari kursi Bupati Jombang, Nyono Suharli diamankan penyidik KPK dalam operasi tangkap tangan.

Dia langsung dibawa ke KPK untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Dalam OTT tersebut, KPK menyita sejumlah uang. Selain Nyono, KPK juga menangkap ajudannya. Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan Kabupaten Jombang Dokter Inna Sulistyowati juga turut diperiksa KPK.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: