//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Normalisasi Kali Tapi Ogah Disebut Menggusur, Sandi: Warga Pindah Sendiri

Sandiaga Uno berencana normalisasi sungai

Sandiaga Uno berencana normalisasi sungai. (Liputan6.com)

Anekainfounik.net. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan sinyal akan melanjutkan normalisasi sungai seperti pemerintahan sebelumnya seperti yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Hal ini dikatakan Sandi saat mendatangi Kampung Arus, Cawang, Jakarta Timur yang tergenang banjir pada Selasa (6/2/2018) kemarin.

Seperti diketahui, konsekuensi normalisasi sungai sering kali berdampak kepada warga yang tinggal di bantaran kali. Bangunan liar mereka mau tidak mau kena gusur. Dan ini pun pasti akan dilakukan Anies Baswedan dan Sandi.

Namun, Sandi tidak mau proses pemindahan warga ini dikatakan sebagai sebuah penggusuran. Menurut dia, warga ini adalah orang-orang yang mendukung program pemerintah.

“Mereka enggak digusur ya karena mereka akan pindah sendiri. Mereka ikut dalam program penataan,” ujar Sandi, dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Ia bercerita beberapa warga di sana bersikeras menolak dievakuasi. Mereka menganggap banjir kali ini adalah hal yang biasa. Menurut Sandiaga, kondisi ini tak boleh dibiarkan. Sebab, kondisi air yang makin tinggi akan berbahaya bagi mereka. Walaupun mereka mengaku terbiasa, kondisi ini tidak baik bagi generasi mereka di masa depan.

“Mereka mungkin sudah biasa tapi kita ingin kehidupan mereka dan anak cucu mereka lebih baik lagi ke depan,” ujar dia.

Lalu, warga yang setuju normalisasi akan direlokasi kemana? Sandiaga tak menjawab secara detail. Ia hanya mengatakan, mereka minta dicarikan rumah susun yang dekat dengan mereka.

“Kalau di dekat Cawang itu ada beberapa rusun yang mungkin bisa kami relokasi mereka,” ujarnya.

Menurut Sandi, sebelum dipindahkan ke lokasi yang baru, para warga harus diajak melihat lokasi itu terlebih dahulu. Dengan begitu, mereka akan memiliki kedekatan dengan tempat tinggal baru. Sandiaga mengatakan akan ada unit yang bertugas melakukan ini.

“Supaya mereka ada touch and feel, dimana mereka akan tinggal setelah, rata-rata kan mereka sudah puluhan tahun di sana, dan mereka sudah nyaman,” kata Sandi.

Meskipun ada yang tak setuju, kata Sandiaga, ada juga warga yang setuju program pemerintah.

Lalu, warga yang setuju normalisasi akan direlokasi kemana? Sandi sendiri tak menjelaskan secara detail. Ia mengatakan, mereka minta dicarikan rumah susun yang dekat dengan mereka.

“Kalau di dekat Cawang itu ada beberapa rusun yang mungkin bisa kami relokasi mereka,” ujarnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola

Berita Terbaru: Aneka Info Unik

Kami tidak dapat memuat data blog saat ini.

Iklan
%d blogger menyukai ini: