//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Anies Janji Kerjakan Apa Pun untuk Selamatkan Jakarta dari Banjir

Anies Baswedan dan Bima Arya selfie di Bendungan Katulampa

Anies Baswedan dan Bima Arya selfie di Bendungan Katulampa. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan melakukan apa pun untuk menyelesaikan permasalahan banjir di Jakarta. Hal ini bertolak belakangan dengan pernyataannya tak mau terburu-buru terkait normalisasi dan relokasi warga di bantaran kali.

“Bagi saya, prinsipnya adalah saya akan kerjakan apa pun yang harus dikerjakan untuk menyelamatkan Jakarta dari banjir,” ujar Anies saat berkunjung ke Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat, Senin (12/2/2018) ditemani Wali Kota Bogor Bima Arya.

Anies juga mengaku siap bertemu dengan siapa pun terkait permasalahan banjir di Jakarta. Salah satu contohnya adalah Pemerintah Kota Bogor.

“Ini adalah tanggung jawab saya dan saya akan tunaikan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya,” ucap Anies.

Anies menyambut positif rencana Pemerintah Kota Bogor yang ingin membuat sungai resapan untuk menahan laju air di hulu. Dia siap mendukung program tersebut.

“Karena ini semua harus kita kerjakan, kita sebagai orang yang bertanggung jawab ada di wilayah kita masing-masing. Karenanya kita duduk bersama dan saya akan sesegera mungkin apa yang dibutuhkan kita kerjakan,” kata Anies.

Banjir kiriman dari Bogor melanda bantaran Kali Ciliwung di Jakarta pada Senin, 5 Februari 2018. Ribuan warga Jakarta mengungsi karena tempat tinggalnya terendam banjir.

Anies juga mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Bogor yang sigap memberikan informasi saat Bendung Katulampa berstatus siaga satu, beberapa waktu lalu.

Anies menceritakan, ketika ketinggian muka air di Katulampa mencapai 220 sentimeter, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menghubunginya lewat telepon.

“Hari ini, tepat seminggu yang lalu, kira-kira di jam ini juga, Pak Bima telepon saya, bilang, Katulampa sudah 220 sentimeter. Waspada banjir,” kata Anies.

Anies mengaku, datang ke Kota Bogor untuk membahas penanganan banjir Bogor-Jakarta. Dia menyebutkan, persoalan banjir memang menjadi salah satu program prioritasnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, pihaknya akan membentuk forum khusus mengenai penanganan masalah banjir antara Pemprov DKI-Pemkot Bogor.

“Ini salah satu prioritas Pemprov. Nanti, jajaran kami saling komunikasi. Semoga dengan kolaborasi dua wilayah ini bisa lebih baik,” tutur Anies.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, pola kerja sama antara dua pemerintahan adalah duduk bersama mencari solusi mengatasi masalah banjir.

Bima mengungkapkan, ruang lingkup kesepakatan bersama terkait penanganan banjir, di antaranya normalisasi sungai lintas batas wilayah, penataan bantaran Sungai Ciliwung, revitalisasi situ-situ (danau), pembangunan kolam retensi, serta pembuatan sumur resapan dan biopori di DAS Cisadane dan Ciliwung.

“Selama ini, pola yang ada kami kirim proposal. Saya ingin format kerja sama yang ada disempurnakan agar lebih dialogis. Kesepakatan awal sudah ada, namun perkembangannya isu naik ketika bencana datang. Ini momentum bagi kita,” tuturnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: