//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Hina Bupati Karawang di FB, Wawan Ditangkap Polisi

Status Facebook yang menghina Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

Status Facebook yang menghina Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

Anekainfounik.net. Seorang pria Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dihina seorang pria bernama Wawan Setiawan alias Cikal bin Hermawan alias WW di media sosial Facebook. Menggunakan akun FB bernama Chikal Oo, WWmengunggah sejumlah status berisi kata-kata kasar yang merendahkan martabat sang bupati. Polisi menangkap pelakunya.

“Bersangkutan (tersangka) menulis empat status yang berisi kata-kata tidak pantas kepada bupati Karawang,” ujar Kapolres Karawang AKBP Hendy F Kurniawan saat ekspos kasus tersebut di Mapolres Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat (16/2/2018).

Status itu ditulis sejak 6 Januari 2018 hingga 13 Februari 2018. Dilansir anekainfounik.net dari detikcom, unggahan pria 37 tahun itu kemudian viral dan ramai ditanggapi warganet di laman grup Facebook Karawang Info.

Salah satu, cuitan yang menghina ini yaitu : “Ari ngomong orang kuat wae..eta An**ng Bupati ..ari dijajal kekuatan na ..haram hadah Bupati lenjeh”.

Bertebaran unggahan tangkapan layar status pria asal Cikampek itu. Sejumlah warganet ramai-ramai mengecam tindakan Chikal dan berharap polisi bertindak tegas kepada pengangguran itu.

“Banyak respons dari warga. Bahkan saya ikut komentar dan saya secara pribadi sudah mengingatkan yang bersangkutan untuk bijak menggunakan medsos,” kata Hendy.

Lantaran dianggap meresahkan dan merendahkan martabat kepala daerah, Hendy memutuskan menangkap WW. Dia kemudian ditangkap di rumahnya pada Kamis (15/2).

“Penangkapan ini bukan didasarkan pada laporan bukan pula delik aduan. Kita membuat laporan model A karena pelaku memuat ujaran kebencian,” kata Hendy.

Atas perbuatannya WW terancam hukuman 12 tahun penjara. Menurut Hendy, perbuatan WW memenuhi unsur yang disangkakan dalam Pasal 107a Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1999 tentang perubahan KUHP yang berkaitan dengan Kejahatan terhadap Keamanan Negara dan Pasal 207 KUHP tentang Penghinaan Terhadap Pejabat Publik.

WW juga mengunggah foto Cellica dan beberapa gambar berlambang PKI.

“Karena pelaku juga mengunggah logo-logo PKI dan bendera ISIS,” ucap Hendy.

Hendy mengatakan, WW pernah dibui atas kasus narkoba selama empat tahun dan bekerja sebagai pegawai tidak tetap.

Pihaknya, kata Hendy, menyita satu ponsel milik WW dan menelusuri lebih lanjut perihal unggahan tersebut. Meski demikian, saat kediaman WW digeledah, tidak ditemukan bukti-bukti yang berkaitan dengan PKI.

Atas perbuatannya, WW dijerat Pasal 107a UU Nomor 27 Tahun 1999 tentang Perubahan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang berkaitan dengan kejahatan terhadap keamanan negara dan atau Pasal 207 KUHP dengan hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Hendy juga mengimbau agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan medsos, tidak saling mengejek, apalagi menjelang pelaksanaan Pilkada Jawa Barat.

“Saya sendiri akan turun langsung melakukan patroli cyber untuk memantau penggunaan medsos yang kurang bijak,” katanya.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memaafkan WW. Ia menasehati WW yang sudah ditangkap polisi.

“Untuk saya pribadi tidak ada masalah. Saya sudah memaafkan. Namun tentunya ada proses hukum yang harus dijalani dimana yang berwenang adalah kepolisian,” ujar Cellica di tempat yang sama.

Bupati perempuan pertama di Karawang ini mengaku kaget saat melihat unggahan WW. Meski memaafkan, ia mengaku menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada polisi.

“Kata-kata vulgar seperti ini sangat tidak baik. Sebagai seorang perempuan pasti sangat terluka. Namun ada indikasi lain yang tidak kita inginkan Harapan kita semua adalah Karawang ini aman dan nyaman,” kata Cellica.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: