//
Anda membaca...
Uncategorized

PSI dan Partai Tommy Soeharto Lolos Jadi Peserta Pemilu 2019

KPU RI melaksanakan Verifikasi & Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019

KPU RI melaksanakan Verifikasi & Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019. (Istimewa)

Anekainfounik.net. Partai besutan Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto), Berkarya, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pimpinan Grace Natalie dinyatakan lolos verifikasi parpol peserta Pemilu 2019. Keduanya menjadi parpol baru untuk pemilu mendatang.

Aspek yang dinilai dalam administrasi dan verifikasi faktual mencakup keberadaan pengurus inti parpol di tingkat pusat, keterwakilan perempuan minimal 30 persen dan domisili kantor tetap di tingkat DPP.

“Status kepengurusan tingkat pusat, domisili kantor tetap, dan keterwakilan perempuan 36,36 persen dinyatakan memenuhi syarat,” kata komisioner KPU Evi Novida di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2018).

Selain itu, KPU menyatakan kepengurusan dan domisili kantor Partai Berkarya di 34 provinsi se-Indonesia memenuhi syarat. Untuk di tingkat kabupaten/kota, partai ini juga memenuhi syarat baik kepengurusan, keterwakilan perempuan, hingga keanggotaannya.

“Status kepengurusan Partai Berkarya di tingkat kabupaten/kota, domisili kantor, keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30 persen, dan keanggotaan di sekurang-kurangnya 75 persen kabupaten/kota di masing-masing 34 provinsi memenuhi syarat,” ujar Evi.

Selanjutnya, PSI juga dinyatakan memenuhi syarat, mulai tingkat pusat hingga kabupaten/kota. Bahkan keterwakilan perempuannya mencapai 66,66 persen.

“Status kepengurusan tingkat pusat, domisili kantor tetap, dan keterwakilan perempuan 66,66 persen dinyatakan memenuhi syarat,” kata komisioner KPU Hasyim, yang membacakan hasil rekapitulasi verifikasi PSI.

“Status kepengurusan di tingkat provinsi, domisili kantor tetap, dan keterpenuhan sekurang-kurangnya 30 persen keterwakilan perempuan memenuhi syarat,” sambungnya.

Selain Berkarya dan PSI, 10 partai lama peserta Pemilu 2014 dinyatakan lolos verifikasi partai peserta Pemilu 2019. Kemudian ada dua parpol baru lain yang juga memenuhi syarat, yakni Perindo dan Partai Garuda.

Partai politik yang lolos jadi peserta Pemilu 2019 adalah:

1. Partai Amanat Nasional
2. Partai Berkarya
3. PDI Perjuangan
4. Partai Demokrat
5. Partai Gerindra
6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia
7. Partai Golkar
8. Partai Hanura
9. Partai Keadilan Sejahtera
10. Partai Kebangkitan Bangsa
11. Partai Nasional Demokrat
12. Partai Persatuan Indonesia
13. Partai Persatuan Pembangunan
14. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Sementara itu, PBB dan PKPI dinyatakan tidak lolos verifikasi. Kedua partai saat ini tengah mengajukan permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu 2019 ke Bawaslu.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: