//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Anies Tak Diajak ke Podium Persija, Fahri dan Fadli Zon Sewot

Jokowi dan Anies Baswedan pada laga final Piala Presiden

Jokowi dan Anies Baswedan pada laga final Piala Presiden

Anekainfounik.net. Dua Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah dan Fadli Zon mempertanyakan alasan Anies Baswedan tak diundang ke podium juara Piala Presiden untuk Persija. Sebelumnya beredar video yang menunjukkan Anies seperti ditahan paspampres saat hendak ikut rombongan ke podium. Sementara Jokowi bersama sejumlah pejabat lainnya turun ke podium untuk menyampaikan selamat kepada Persija.

Fahri meminta penjelasan dari Kementerian Sekretariat Negara soal hal ini.

“Adegan ini kalau benar harus dijelaskan kepada publik oleh Kementerian Sekretariat Negara RI. Kenapa Gubernur DKI Anies Baswedan gak boleh ikut sementara pejabat gak jelas pada ikut? Ahok aja diajak naik mobil RI 1 padahal terdakwa. Ngawur kalian” kata Fahri melalui akun Twitter, Minggu (18/2).

Fahri juga menyertakan video yang menunjukkan peristiwa di mana Anies sudah berdiri, berbicara dengan seseorang dari rombongan yang menuruni tribun, kemudian kembali ke tempat duduknya.

Sementara Fadli Zon menganggap janggal Anies selaku gubernur DKI tak dilibatkan saat penyerahan piala kepada tim sepak bola Persija.

Fadli Zon menilai Presiden Joko Widodo perlu menjelaskan peristiwa tersebut karena undang-undang mengatur pejabat tuan rumah mendampingi presiden dalam acara resmi maupun tak resmi.

“Harusnya yang ditanya itu Pak Jokowi, kenapa enggak diajak ke podium. Cukup mengherankan juga dan itu gubernur kan sebenarnya bagian dari tuan rumah. Tanya aja kenapa (enggak diajak turun),” ujar Fadli saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (18/2).

Aturan protokoler pejabat negara diatur dalam pasal 13 undang-undang nomor 9 tahun 2010 tentang Keprotokolan yang berbunyi, Tata Tempat bagi penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah dalam pelaksanaan Acara Resmi sebagai berikut:

a. dalam hal Acara Resmi dihadiri Presiden dan/atau Wakil Presiden, penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah mendampingi Presiden dan/atau Wakil Presiden.
b. dalam hal Acara Resmi tidak dihadiri Presiden dan/atau Wakil Presiden, penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah mendampingi Pejabat Negara dan/atau Pejabat. Pemerintah yang tertinggi kedudukannya.

Fadli enggan berandai-andai apakah insiden itu terkait dengan kepentingan politik. Menurutnya, gubernur telah memiliki protokoler atau tata cara tersendiri dalam setiap acara yang diikuti. Anies selaku gubernur semestinya juga turut dilibatkan dalam penyerahan Piala Presiden 2018 tadi malam.

“Presiden ke luar negeri saja, gubernur diundang untuk mengantar atau menjemput. Tanyalah ke pihak istana kenapa protokolernya seperti itu, kan ada aturan mainnya,” tuturnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: