//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Viral Video Anies Dihalangi Paspampres ke Podium Piala Presiden

Anes Baswedan saat dihadang paspamres (lingkaran merah)

Anes Baswedan saat dihadang paspamres (lingkaran merah). (Istimewa)

Anekainfounik.net. Belakangan beredar luas video yang menampilkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan seorang paspampres saat hendak menuju podium untuk memberikan ucapan selamat atas kemenangan Persija dalam laga Piala Presiden, Sabtu (17/2/2018).

Video tersebut pertama kali diunggah oleh pemilik akun Facebook, Ali Ghuraisah hari ini, Minggu (18/2/2018) sekitar pukul 11.30 WIB. Video tersebut kini telah dihapus akun tersebut namun kini menjadi viral di media sosial terutama setelah disebarluaskan oleh Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah.

Presiden Joko Widodo saat itu turun dari kursi VVIP ke tengah lapangan untuk menyerahkan piala ke Persija. Jokowi saat itu diikuti oleh Menko Polhukam Wiranto, Seskab Pramono Anung, dan Menpora Imam Nahrawi.

Dari lapangan, Jokowi lalu naik ke podium untuk menyerahkan piala ke Persija. Saat itu, Jokowi didampingi oleh Wiranto dan Imam Nahrawi. Ada juga Ketua Panitia (SC) Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait.

Sebenarnya, Anies sempat akan ikut turun dari kursi VVIP ke lapangan. Namun, dia lalu dicegah oleh anggota Paspampres yang membisikinya.

Maruarar Sirait mengatakan memang tidak semua pejabat diminta naik ke podium. Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menganggap kejadian Anies dicegah Paspampres ini adalah hal yang mengherankan.

“Harusnya yang ditanya Pak Jokowi ya, kenapa nggak diajak. Cukup mengherankan juga. Gubernur kan sebenarnya bagian dari tuan rumah juga. Saya kira tanya saja,” kata Fadli di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2018).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menanggapi kejadian itu.

Imam mengatakan, acara penyerahan Piala Presiden tersebut bukanlah acara kenegaraan. Adanya pihak yang diizinkan dan dilarang untuk mendampingi Presiden Jokowi, sesuai dengan ketetapan oleh panitia acara. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan protokoler Istana Kepresidenan bekerja sesuai dengan konsep yang disusun panitia acara.

“Karena ini bukan acara kenegaraan/pemerintahan maka Paspampres akan bertugas menyesuaikan dengan yang dipanggil MC,” ujar Imam, Minggu.

Imam juga mengatakan, tak Anies seorang yang tidak diikutkan saat penyerahan piala di podium. “Ada Pak Mensos dan Pak KASAD juga yang tidak dipanggil MC,” katanya.

Terkait persoalan ini, Ketua Panitia Piala Presiden 2018 Maruarar Sirait mengatakan memang tidak semua pejabat negara dipanggil untuk mendampingi Presiden saat itu.

“Nah yang tidak ke bawah itu, kan memang kita tidak mungkin semuanya turun ke bawah. Misalnya kita kepanitiaan saja kan banyak ya, kan nggak mungkin semuanya bisa (turun) menyerahkan itu. Nah panitia kan kebetulan hanya saya yang mendampingi Presiden Jokowi. Dari pejabat negara juga yang mendampingi Presiden Jokowi adalah Pak Wiranto dan Pak Menpora,” kata Maruarar kepada detikcom.

Maruarar meminta agar masyarakat tidak berfikir yang aneh-aneh. Dia menegaskan, jangan ada upaya untuk mengadu domba hubungan Jokowi dan Anies yang terjalin dengan baik.

“Jadi menurut saya janganlah mengadu-adu Pak Jokowi dan Anies di isu olahraga. Jadi kita sportif saja, bersahabat, biar bagaimana Jokowi dan Anies itu punya hubungan yang panjang. Dari 2012 Pak Anies sudah mendukung Jokowi, 2014 Anies juga mendukung Pak Jokowi dan bersama-sama dengan saya. Kita beberapa kali bersama-sama,” katanya.

“Jadi jangan diadu-adu antara hubungan Presiden Jokowi dengan Anies. Aniesnya tenang-tenang saja kok, Jokowinya juga tenang-tenang saja. Jangan diadu-adu. Kita ingin hubungannya tenteram, rukun. Ini kan olahraga, dan saya yakin mereka berdua bisa bersinergi dengan dalam membangun bangsa dan negara. Sesuai dengan proporsinya masing-masing,” tambah politisi PDIP ini.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: